Sukses

Catat, Jenis Ikan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari Ibu Hamil

Liputan6.com, New York Tingkat kandungan merkuri yang ditemukan pada beberapa makanan laut dapat berbahaya bagi perkembangan janin. Dalam pedoman resmi yang baru dirilis pemerintah Amerika Serikat menunjukkan, makanan laut seperti kerang mentah yang paling berbahaya dikonsumsi bagi wanita hamil.

Selama bertahun-tahun, para profesional kesehatan menyarankan, ibu hamil untuk menghindari seafood karena kadar merkuri yang tinggi dapat merusak otak janin dan sistem saraf.

Namun, sebelumnya tidak ada rekomendasi yang mendukung terkait hal tersebut dari pemeritah.

Berdasarkan daftar ikan terbaru yang ditayangkan pada situs FDA, wanita hamil disarankan menghindari tujuh jenis ikan, yaitu ikan tilefish, hiu, ikan todak (swordfish), orange roughy, tuna, marlin, dan sarden.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pilihan ikan terbaik

Pilihan ikan terbaik

Food and Drug Administration (FDA), sebuah lembaga federal di departemen Health and Human Services juga menyusun daftar lengkap "ikan terbaik dan "ikan pilihan yang baik."

Ikan yang masuk daftar terbaik termasuk jenis ikan di laut dalam yang dikonsumsi hampir 90 persen orang di  AS, misal ikan cod, salmon, udang dan tuna setidaknya dua minggu sekali untuk mencegah risiko merkuri.

"Ikan merupakan sumber penting protein dan nutrisi lainnya untuk anak-anak, wanita yang akan dan sedang hamil atau menyusui. Rekomendasi daftar ikan ini menunjukkan, orang-orang dapat mengonsumsi ikan dengan aman. Secara konkret, daftar ini membuat pilihan yang aman dan sehat saat membeli ikan," kata FDA Deputy Commissioner for Foods and Veterinary Medicine Stephen Ostroff, sesuai dikutip dari Newsweek, Jumat (20/1/2017).

FDA juga menyarankan, sebaiknya ibu hamil tidak menunda makan ikan sama sekali.

"Analisis data FDA untuk konsumsi ikan menemukan, 50 persen wanita hamil yang disurvei, makan ikan kurang dari 56,69 gram seminggu, jauh lebih sedikit dari jumlah yang disarankan. Manfaat gizi makan ikan dinilai penting untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama kehamilan dan awal masa kanak-kanak," menurut keterangan yang ditulis dalam laporan FDA.

Saran yang direkomendasikan, ibu hamil harus makan ikan sebanyak dua sampai tiga porsi ikan rendah merkuri per minggu (setara 226,7 gram sampai 340 gram).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.