Sukses

Pertolongan Pertama untuk Tangani 4 Jenis Luka Bakar

Luka bakar ringan bisa ditangani dengan pengobatan rumahan asal mendapatkan pertolongan pertama yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan luka bakar ringan akan sembuh dengan sendirinya. Perawatan rumahan biasanya sudah cukup untuk mengurangi simtom dan mempercepat proses penyembuhan luka bakar ringan.

Namun, jika Anda merasa luka bakar lebih berat, pertolongan pertama perlu diberikan sebelum Anda menemui dokter.

Luka bakar tak hanya disebabkan oleh api. Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan kulit Anda terbakar. Berikut beberapa penyebab luka bakar dan pertolongan pertama yang bisa diberikan, seperti melansir WebMD, Jumat (20/01/2018).

1. Luka bakar thermal/panas: Tutupi luka bakar dengan selimut atau air. Jika pakaian Anda terbakar, jangan lari. Berhenti, berbaring, dan bergulinglah di tanah untuk mematikan api.

2. Luka bakar karena suhu dingin: Cobalah usaha pertama untuk menghangatkan area yang membeku. Area kecil pada tubuh (kuping, wajah, hidung, jari tangan dan kaki) yang benar-benar membeku karena dingin bisa dihangatkan dengan meniupkan uap panas, memasukkannya ke dalam pakaian, atau memasukkannya ke dalam air hangat.

3. Luka bakar karena cairan panas: Siram area yang terbakar dengan air yang mengalir selama 10-20 menit. Jangan gunakan es.

4. Luka bakar karena tersetrum: setelah melepaskan korban dari alat yang menyetrumnya, segera cek denyut jantung, dan hubungi ambulans atau segera bawa ke rumah sakit.

Setelah mengecek luka bakar, pastikan Anda melepaskan semua perhiasan dan pakaian di area tubuh yang terbakar. Jika pakaian menempel ke luka, jangan paksa dilepaskan.

Secara berhati-hati, potonglan kain di sekitar area yang menempel untuk mengangkat kain yang longgar. Perhiasan perlu dilepaskan, karena saat nanti luka membengkak hal ini akan sulit untuk dilakukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perawatan rumahan untuk luka bakar ringan

Seperti dikatakan sebelumnya, luka bakar ringan bisa sembuh dengan merawatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan pada luka bakar tingkat 1 atau luka bakar karena matahari (sunburn):

- Gunakan kain basah di area yang terbakar.
- Sering-seringlah mandi air dingin.
- Olesi daerah yang terbakar dengan losion yang mengandung lidah buaya, untuk mengurangi sakit dan bengkak. Anda juga bisa mengoleskan krim hydrocortisone 0,5 persen. Catatan: Jangan menggunakan krim ini pada anak-anak yang belum berusia 2 tahun. Jangan gunakan krim ini di area kelamin pada anak-anak yang usianya belum mencapai 12 tahun, kecuali disarankan oleh dokter.

Tak ada yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kulit mengelupas karena terbakar sinar matahari. Namun, Anda bisa mengoleskan losion atau petroleum jelly untuk mengurangi gatalnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.