Sukses

7 Tips Perkuat Kekebalan Tubuh di Akhir Pekan

Liputan6.com, Jakarta Akhir pekan sudah di depan mata. Tapi terkadang Anda justru lebih sibuk di akhir pekan. Bila tak pandai menjaga daya tahan tubuh, kuman dan virus akan mudah menyerang Anda.

Berikut cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh di akhir pekan, seperti dikutip dari laman Slice.ca, Jumat (20/1/2017):

1. Hindari gula

Dokter naturopathic berlisensi, Michelle Crowder, dan Beaumont Integrative Medicine menyarankan untuk mengurangi asupan gula untuk menjaga sistem imun Anda tetap sehat.

"Banyak orang berpikir untuk minum jus buah ketika sakit. Tapi kandungan gulanya bisa merusak fungsi imun," jelas Michelle.

Sebagai gantinya, Michelle merekomendasikan untuk tetap terhidrasi dengan mengonsumsi teh herbal seperti jahe, sayuran, kaldu yang dicampur dengan bumbu yang meningkatkan daya tahan tubuh macam bawang putih, bawang, dan jamur.

2. Konsumsi magnesium

Ahli nutrisi dan kesehatan wanita, Carolyn Dean yang juga penulis buku The Complete Natural Medicine Guide to Women's Health menyarankan untuk mengonsumsi makanan kaya magnesium. Makanan tersebut ampuh melawan virus flu.

"Magnesium meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang membentuk antibodi dan membuat sel lebih aktif melindungi tubuh dari mikroba dan bakteri atau virus," ujarnya.

3. Cukup istirahat

Tidur merupakan salah satu pendongkrak daya tahan tubuh, jelas Dean. Tubuh yang lelah akan sulit untuk melawan penyakit.

"Istirahat yang konsisten akan membuat And lebih kuat dan pastikan tubuh Anda memiliki kekuatan yang cukup untuk menghadapi potensi patogen apa pun," kata Dean. 

 

1 dari 2 halaman

Aktif bergerak

4. Aktif bergerak

Dean juga menyarankan untuk rutin berolahraga untuk meningkatkan sistem imun.

"Olahraga meningkatkan respon kekebalan tubuh dengan meningkatkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh," jelasnya.

Antobodi yang diproduksi oleh tubuh juga sebaiknya dialirkan keseluruh tubuh. Ini artinya sistem imun memiliki kesempatan untuk menemukan penyakit di bagian tertentu tubuh sebelum menyebar ke bagian lain.

5. Sediakan sitrus

Erica Lokshin, pakar diet terdaftar serta kontibutor laman Healthline menyarankan menambahkan lebih banyak sitrus dalam keseharian Anda.

"Jeruk, grapefruit, dan jeruk nipis merupakan sumber vitamin C yang baik, antioksidan, dan bertindak melindungi sel-sel tubuh dari senyawa yang merusak tubuh," jelasnya.

Menurut Lokshin, vitamin C membantu produksi sel darah putih dan antibodi yang berfungsi mengatasi virus atau kuman.

6. Konsumsi labu

Selain mengonsumsi buah-buahan jenis sitrus, Lokshin juga menyarankan untuk memasukkan labu ke dalam menu akhir pekan.

"Labu tak hanya lezat dan sumber vitamin A, biji-bijinya pun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Biji labu kaya akan vitamin E, B6, dan zinc yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh," jelasnya.

Zinc merupakan mineral penting yang bantu meningkatkan produksi sel darah putih dan membantu mengatasi infeksi.

7. Makan wortel

Wortel adalah sumber terbaik beta-karoten, Lokshin menjelaskan. Sayuran berwarna oranye itu juga kaya vitamin A.

"Vitamin A berperan penting mengelola sistem imun dan membantu tubuh memerangi infeksi. Juga memastikan tubuh memiliki cukup sel-T atau sel yang memerangi penyakit," jelasnya.

 

Artikel Selanjutnya
Ramuan untuk Turunkan Kolesterol Setelah Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Makanan untuk Otot Setelah Olahraga