Sukses

Orangtua, Ini Cara Hadapi Remaja yang Ingin Pacaran

Saat anak mengatakan ingin berpacaran dengan orang yang ia suka, apa yang biasa Anda katakan?

Liputan6.com, Jakarta Saat anak mengatakan ingin berpacaran dengan orang yang ia suka, apa yang biasa Anda katakan? Langsung menolaknya atau justru membolehkannya?

Alih-alih khawatir akan pergaulan masa kini yang mengarah pada seks bebas, sebaiknya apa yang perlu dilakukan orangtua menghadapi hal seperti ini?

Psikolog Elizabeth Santosa mengatakan, orangtua sebaiknya tak langsung menyetujui atau menolaknya. Ada baiknya untuk mencoba terbuka dan mengeksplorasi soal pacaran yang ia hendaki.

"Tanya seberapa jauh dia paham mengenai konsep dating (pacaran). Tahu enggak dia kalau itu berhubungan dengan perubahan hormon. Bahwa dengan menyentuh saja, akan ada dorongan seksual yang kalau enggak disalurkan bisa stres, masturbasi nanti di kamar. Jangan sampai dengan alasan cinta, diajak (seks) mau aja, lets do it," katanya saat ditemui di sela-sela acara 20 tahun DKT Indonesia, di Senayan, Jakarta, Kamis (19/1/2017).

Selain itu, orangtua juga bisa mengenalkan konsep berperilaku sehat. Misal, menceritakan mengenai bahaya HIV/AIDS dan pendidikan mengenai sistem reproduksi. 

"Anak tuh biasanya udah paham seks, cuma enggak menyeluruh. Tinggal bagaimana orangtua bisa menjadi lebih terbuka dengan anaknya dan menjelaskannya dengan lebih baik," pungkasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini