Sukses

4 Cara Bantu Pasangan Berhenti Ngorok

Liputan6.com, Jakarta Jika pasangan Anda ngorok, mendorong atau membangunkannya saat tidur tidak akan menyelesaikan masalah. "Cari sumbernya, dan menciptakan situasi dimana ngorok tak akan terjadi adalah solusinya," ujar Shawn Stevenon, penulis Sleep Smarter dan pendiri The Model Health Show.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Latihlah si pengorok. Bagi Anda yang pasangannya ngorok, coba cek solusi di bawah ini, seperti dilansir dari Prevention, Kamis (19/01/2017):

1. Ubah gaya hidup

"Hal ini berbeda bagi tiap orang, tapi pada kebanyakan kasus, pengorok itu memiliki berat badan berlebih atau lemak tubuhnya terlalu banyak," ujar Stevenson. "Hasilnya, jalur napas mereka tertekan saat tidur."

Menjalani gaya hidup yang lebih sehat, dan menurunkan berat badan akan mengurangi dan menghilangkan dengkuran saat tidur.

2. Minum banyak air

Pastikan pasangan Anda yang mendengkur selalu terhidrasi sepanjang hari, terutama sebelum tidur. Hal ini akan membantu mengurangi kekeringan di tenggorokan.

3. Ubah kebiasaan makan

Hindari makan tengah malam, terutama makanan dingin atau yang mengandung produk susu. Makanan-makanan tadi akan menciptakan lebih banyak lendiri dan akan menghambat jalur napas.

4. Coba ganti posisi

Minta pasangan Anda untuk tidur dengan posisi yang tepat agar bisa berhenti ngorok. "Orang yang tidur miring jauh lebih sedikit mendengkur dibanding mereka yang tidur tengkurap atau telentang," papar Stevenson.