Sukses

Terapi Akupunktur Tenangkan Bayi yang Sering Menangis

Dalam studi terbaru terapi akpunktur bisa membantu menenangkan bayi yang sering menangis.

Liputan6.com, Jakarta Selama ini terapi akupunktur biasa diterapkan untuk orang dewasa. Manfaatnya mulai dari meredakan nyeri hingga meningkatkan sistem pencernaan. Namun rupanya akupunktur juga bisa juga menjadi terapi bagi bayi. Bahkan dalam studi terbaru terapi akpunktur bisa membantu menenangkan bayi yang sering menangis.

Dalam jurnal Acupuncture in Medicine, akupunktur bisa membuat bayi yang alami kolik lebih tenang dibandingkan perawatan standar biasanya. Kolik adalah kondisi bayi menangis lebih dari tiga jam per hari selama minimal tiga hari seminggu.

Temuan menarik ini diketahui setelah peneliti menganalisis 147 bayi sehat berusia dua dan delapan minggu didiagnosis kolik. Bayi ini terbagi dalam tiga grup. Salah satu grup mendapatkan terapi akupunktur.

Grup pertama diberikan standar akupunktur di sisi antara jari telunjuk dan ibu jari selama 2-5 detik. Grup kedua mendapat akupunktur di lima titik di tangan dan kaki sekitar 30 detik. Selama dua minggu orangtua diberi buku catatan kapan saja bayi menangis.

Rupanya bayi cenderung mengalami pengurangan menangis pada kedua grup akupunktur dibanding kelompok standar pengobatan kolik. Hasil penelitian juga menunjukkan akupunktur memiliki dampak janga panjang.

Salah satu peneliti yang juga suster dan dosen di Lund University, Swedia, Kajsa Landgren menambahkan akupunktur pada bayi dilakukan menggunakan jarum lebih kecil dan periode lebih pendek dibandingkan orang dewasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini