Sukses

5 Cara Menghindari Pasangan yang Tak Cocok

Anda bisa menemukan pasangan hidup yang tepat dan sesuai dengan yang Anda harapkan.

Liputan6.com, Jakarta Bertemu dengan seseorang yang tepat dan cocok sebagai belahan hati Anda memang membutuhkan upaya. Ada kalanya, Anda sudah berusaha berkenalan bahkan berkencan tapi belum juga menemukan 

pasangan

 yang tepat.

Rasa cemas karena belum juga bertemu seseorang yang cocok dapat mengganggu pikiran Anda. Status single yang masih melekat bisa membuat Anda stres.

Dilansir dari laman 

Health

, Selasa (17/1/2017), beberapa ahli memberikan tips, bagaimana caranya agar bisa menghindari 

pasangan

 yang tidak tepat untuk Anda.

Setop kencan sementara waktu

Perasaan diri sendiri sangat berdampak pada pilihan pasangan hidup Anda, kata psikolog Kelly Campbell di California State University. Ketika seseorang memiliki masalah dengan kepercayaan dirinya, sebagai contoh ia jarang bisa mentraktir. Tapi ketika dia cinta dan traktir akan baik-baik saja, hal ini tidak dapat ditoleransi.

Jika ini terjadi, Kelly menyarankan agar pasangan mengambil "cuti" dari segala jadwal kencan. Hal ini bertujuan membangun kembali hubungan cinta dengan diri sendiri.

Memanjakan diri cukup membantu. Anda bisa berjalan-jalan atau membeli bunga segar untuk ditaruh pada meja Anda sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Buat daftar

Buat daftar

Penulis buku 

Finding Love Again: 6 Simple Steps to a New and Happy Relationship

, Terri Orbuch merekomendasikan, mencatat 15 kualitas untuk pasangan yang Anda harapkan.

Tak hanya sekadar mengucapkan, 'Saya ingin seseorang yang lucu.' Tapi apa artinya? Apakah Anda ingin seseorang yang sarkastis? Yang membuat Anda tertawa Atau seseorang yang suka menceritakan lelucon sepanjang waktu?

Selain itu, Anda juga bisa membuat daftar soal kriteria, sikap, dan kebiasaan pasangan yang diharapkan. Misal, apakah seseorang punya kebiasaan merokok?

"Anda perlu memiliki standar hidup dengan siapa Anda ingin hidup. Jika tidak, Anda akan berada pada risiko besar yang dikecewakan," tambah Kelly.

Miliki kepastian tentang nilai-nilai kehidupan pribadi

Anda bisa memikirkan betapa pentingnya keluarga, apakah Anda ingin anak-anak dan hidup sehat. Anda bisa memaparkan hal tersebut, sehingga Anda dapat mengatakannya jika calon pasangan memiliki nilai yang sama dengan Anda sejak awal.

3 dari 3 halaman

Minta pendapat

Tanya keluarga dan teman-teman soal calon pasangan

Pada awal hubungan baru, Anda mungkin melihat pasangan Anda secara ideal dan meminimalisirkan apa dan bagaimana kekurangan dia. 

"Pada momen itulah, minta keluarga dan teman-teman untuk membantu Anda melihat hal-hal lebih objektif pada diri pasangan. Jika mereka mengatakan, 'Anda harus berhati-hati dengan orang ini,' Anda mungkin harus mendengarkannya," jelas Kelly.

Mendengarkan kata hati

Tatkala jauh di lubuk hati, Anda bisa merasakan sesuatu yang tidak benar pada diri calon pasangan. Anda tahu diri, Anda lebih baik daripada orang lain. Kelly menyarankan, tidak mengabaikan apa kata hati sendiri. Ikuti naluri Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini