Sukses

Konsultasi Dokter Online, Topik Apa yang Sering Ditanyakan?

Liputan6.com, Jakarta Konsultasi dokter online kini sudah mulai digunakan masyarakat. Beragam pertanyaan bisa diajukan kepada dokter tanpa tatap muka. Lalu topik apa yang sering ditanyakan masyarakat?

Menurut dokter Jessica Florensia dari Klikdokter, yang sering menggunakan layanan ini adalah anak muda 20-30an tahun yang melek teknologi. Namun kini makin banyak anak usia belasan tahun yang juga berkonsultasi seputar reproduksi.

"Yang belasan tahun, 18 tahun juga mulai banyak. Mereka ini banyak bertanya tentang kesehatan reproduksi. Seperti keputihan, mimpi basah seperti itu," kata Jessica dalam seminar 'Mencari Layanan Kesehatan Digital yang Etis dan Propublik' di Gedung Stovia Jakarta pada Selasa (17/1/2017).

Beda halnya pada HaloDoc. Menurut penuturan CEO MHealth Tech HaloDoc, dokter Irwan Heriyanto, paling banyak ibu-ibu yang menggunakan layanan mereka.

"Para ibu-ibu ini paling banyak, tapi mereka menanyakan perkembangan anak-anaknya," kata Irwan dalam kesempatan yang sama.

Dalam konsultasi online ini dokter memberikan informasi kesehatan dalam hal-hal umum dan berbagai kemungkinan penyebab masalah kesehatan.

Kehadiran layanan kesehatan digital ini menurut presiden elect Ikatan Dokter Indonesia, Daeng Faqih, bisa menjadi sarana promosi dan preventif sehingga masyarakat mendapat informasi tepat, mengarahkan ke dokter yang tepat, atau memberi saran dalam self-care

"Misalnya, ada pasien yang bertanya batuk biasa tapi sudah dua minggu. Bagi orang awam itu sebagai batuk biasa. Dokter yang mendengar ini pasti akan menyarankan untuk segera diperiksa. Pada titik ini konsultasi online sangat bermanfaat," kata Daeng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini