Sukses

Kenalkan Daliyah, Bocah 4 Tahun yang Sudah Baca Lebih 1.000 Buku

Di usia 4 tahun, ia kini telah membabat habis sekitar 1.000 buku.

Liputan6.com, Washington Di usia Anda sekarang, kira-kira sudah berapa banyak buku yang Anda baca? Bila Anda hanya pernah membaca sekitar ratusan buku, mungkin sebaiknya kita harus mengenal Daliyah Marie Arana. Sebab di usia 4 tahun, ia kini telah membabat habis sekitar 1.000 buku.

Lantas mengapa Daliyah begitu suka membaca? menurut ibunya, ketika Daliyah masih bayi, dia suka mendengar kakanya membaca buku keras-keras. Dan saat berusia 18 bulan, dia mengikuti kata-kata dalam buku setelah ibunya membacakan untuknya.

"Semakin banyak kata-kata yang ia pelajari, semakin dia ingin membaca," kata ibu Daliyah, Haleema Arana, seperti dimuat Washington Post, Selasa (17/1/2017). Berkat kecintaannya pada buku, Daliyah bahkan mampu membaca buku teks perguruan tinggi. Dia pernah bertemu pustakawan Amerika, Carla Hayden. Saat itu Daliyah hanya bisa takjub melihat perpustakaan favorit di seluruh dunia, Library of Congress.

"Saya ingin memeriksa buku setiap hari. Dan saya ingin mengajari anak-anak lain agar bisa membaca di usia dini," ujar Daliyah kepada Gainesville Times.

Daliyah berharap, sebelum memasuki taman kanak-kanak, dia bisa membaca 1.500 buku.

Sang ibu sangat bangga dengan putrinya. Sebab walaupun dia seperti "kutu buku", dia mampu mengungkap fakta-fakta. "Dia paling suka semua hal tentang dinosaurus. Dia bermimpi, suatu hari bisa menjadi ahli paleontologi dan menggali fosil dinosaurus," kata Haleema.

Sekadar memberi tantangan, ibunya memberi buku mengenai pidato William L Phelps yang berjudul The Pleasure of Books. Dan ajaib, dia mampu membaca pidato dengan baik. Dia mampu mengucapkan kata-kata sulit seperti "punctiliousness” dan frasa seperti “annihilates formality".

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini