Sukses

Bayi yang Terlahir dengan Lidah Raksasa Kini Bisa Tersenyum

Wanita dari Jabalpur, India, ini mengaku sangat takut ketika pertama kali melihat bayinya mempunyai lidah yang menutupi seluruh mulutnya.

Liputan6.com, Jakarta Aparajit Lodhi lahir dengan kelainan fisik langka yang disebut macroglossia, ukuran lidahnya sangat besar dan menutupi rongga mulut. Saking besarnya lidah

bayi lelaki itu, dokter sampai tak yakin dia akan selamat. Bahkan dokter menyarankan orangtuanya bersiap jika Aparajit tak panjang umur.

Namun sang ibu, Mini Lodhi (28) bertekad menyelamatkan hidup bayi itu. Wanita dari Jabalpur, India, ini mengaku sangat takut ketika pertama kali melihat bayinya punya lidah yang menutupi seluruh mulutnya.

"Dia terus-menerus menangis. Aku tahu dia kesakitan dan lapar. Tapi aku tak berdaya. Aku tak bisa berbagi sakitnya atau menyusuinya karena lidah itu menyumbat seluruh rongga mulutnya. Tapi kami bertekad untuk menyelamatkan bayi kami bagaimana pun caranya," cerita Mini seperti dilansir laman The Sun, Selasa (17/1/2017).

Dalam usia empat hari, Aparajit menjalani operasi untuk mengurangi ukuran lidahnya. Dia harus menggunakan alat bantu agar bisa bernapas lebih nyaman.

Dr Agarwal, kepala bedah anak dan bayi baru lahir di Chandra Bose Medical College and Hospital, mengatakan, "Dia tak bisa menelan apa pun karena lidahnya terlalu besar. Bayi itu sudah tak bisa menelan apa pun sejak dalam perut karena kondisi ini."

Untunglah bayi Aparajit bisa mulai menelan setelah menjalani operasi. Rupanya lidahnya membesar akibat tumor dan diperlukan dua jam untuk tim dokter mengangkat tumor tersebut.

"Kami harus mengangkat seluruh tumor dan tak meninggalkan sedikit pun sisa. Tapi di saat yang sama kami juga harus menjaga agar lidah bayi itu tak kehilangan fungsinya," ucap Dr Agarwal.

Usai menjalani operasi, Aparajit lebih dulu diberi air gula sebelum ibunya boleh menyusui.

"Akhirnya untuk pertama kalinya aku bisa menikmati kebahagiaan menjadi seorang ibu. Aku bisa melihat seorang bayi, atau wajah malaikat kecilku. Kami sangat lega sekarang," kata Mini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.