Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Ilmuwan Ungkap Rahasia Panjang Umur Biarawati

Ingin hidup lebih lama? Jika ya, mungkin Anda perlu hidup seperti seperti biarawati.

Liputan6.com, Jakarta Ingin hidup lebih lama? Jika ya, mungkin Anda perlu menghindari hubungan seks. Sebab menurut penelitian terbaru, para ilmuwan menemukan biarawati memiliki sistem kekebalan yang kuat karena tidak pernah bercinta.

Seperti diberitakan Daily Mail, Selasa (17/1/2017), peneliti dari University of Sheffield memperkirakan kalau seks dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga seseorang bisa rentan terhadap penyakit. Seperti halnya kumbang yang bisa hidup lebih lama karena menghindari hubungan seks.

"Meskipun mekanisme serangga atau kumbang tidak sama pada manusia, tapi prinsip ini dapat diterapkan," kata penulis studi Dr Michael Siva-Jothe.

Dia mengatakan, biarawati cenderung lebih panjang umur dibandingkan wanita yang memiliki anak seusianya. Pertanyaannya adalah, mengapa hal ini bisa terjadi sedangkan penelitian sebelumnya menyebut seks bisa membuat tubuh lebih sehat?

Menurut peneliti, saat manusia memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah maka ketika ia berhubungan seks dia jadi mudah terinfeksi Infeksi Menular Seksual (IMS).

"Biarawati, pastor dan biarawan dikenal mampu hidup lebih lama daripada yang lain. Hal ini diyakini karena mereka berisiko rendah terkena tekanan darah tinggi--yang meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke," kata peneliti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini