Sukses

Apakah Aman Konsumsi Makanan yang Terbuat dari Salju Sungguhan?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda pernah membayangkan ingin memakan makanan yang terbuat dari

salju

sungguhan? Rupanya hal itu bukan hanya bayangan saja, beberapa menu es krim salju yang terbuat dari salju sungguhan kini tengah membanjiri Pinterest dan Instagram.

Menu seperti,

snow cones

dan

slushy cocktails

memang menggugah selera. Namun, pertanyaan yang muncul adalah apakah aman menggunakan

salju

yang baru turun untuk dikonsumsi orang?

Jawaban ilmiahnya, hal ini 'kemungkinan aman dikonsumsi.'

Salju yang turun (

snowflakes

) berasal dari ketinggian di atmosfer ketika uap air mengembun dan membentuk kristal es di sekitar debu mikroskopis. Pada saat menyentuh tanah, salju menyerap banyak tetesan lainnya dan mengakumulasi lebih banyak kristal.

"Kebanyakan air di atmosfer dan curah hujan mengandung jejak gas dan partikulat kontaminan. Bahkan penelitian terbaru yang ditemukan, salju menyerap senyawa organik beracun dari knalpot kendaraan," jelas Parisa A Ariya, ketua departemen ilmu atmosfer dan kelautan di McGill University, Kanada.

Ia menambahkan, sangat penting untuk mempertimbangkan berapa banyak salju yang terkontaminasi.

"Dengan kata lain, jika Anda tidak tinggal di daerah perkotaan dengan polusi dan banyak lalu lintas kendaraan, kemudian makan salju mungkin baik. Tapi Anda harus menyadari, ada polusi dari sumber emisi," tambahnya, dikutip dari

Time

, Selasa (17/1/2017).

Bahkan jika Anda tinggal di daerah yang kurang penduduknya, Anda masih harus berhati-hati soal salju yang akan diambil untuk dikonsumsi. Misal, Anda harus menghindari salju yang  berwarna kuning, yang menyebabkan batuk.

Selain itu, hindari salju yang bercampur dengan kotoran dan kontaminan pada permukaan tanah lainnya. Untuk membuat efek salju, Parisa menyarankan, lebih baik menggunakan mesin es serut untuk membuat es atau koktail.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini