Sukses

Cara Paling Mudah untuk Sembuhkan Sariawan

Perih dan sakit akibat sariawan bisa diobati dengan lebih cepat dan efektif menggunakan ramuan rumahan ini.

Liputan6.com, Jakarta Sariawan bisa sangat menyakitkan, tapi sepertinya sekarang sudah ada cara mudah untuk menyingkirkan penyakit mengganggu ini.

Menurut penelitian terbaru dalam jurnal Quintessence International, dilansir dari Women's Health, Selasa (17/01/2017), madu memiliki efek yang sama aman dan efektifnya dengan salep kortikosteroid yang biasa digunakan untuk sariawan.

Dalam studi dari Arab Saudi ini, para peneliti membagi 94 subjek dengan 180 sariawan secara acak menjadi tiga grup. Satu grup diberikan madu untuk pengobatan, dan dua grup lainnya diberi salep kortikosteroid atau pasta pelindung.

Semua partisipan diminta untuk mengusapkan kapas basah pada lepuhan mereka, kemudian mengoleskan obat yang diberikan, setiap selesai makan selama delapan hari, atau menghentikan penggunaannya saat sariawan benar-benar sembuh.

Mereka juga diminta untuk mencatat tingkat rasa sakit dan reaksi lainnya. Di saat bersamaan, para peneliti juga mengevaluasi ukuran dan inflamasi sariawan mereka.

Hasilnya: para penderita sariawan yang mengobatinya dengan madu memiliki hari perih yang lebih sedikit (hanya satu hari, alih-alih 3-5 hari), dan pengurangan ukuran dan inflamasi yang lebih cepat dibanding dua obat lainnya.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, madu memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik, yang adalah alasan kenapa para peneliti mencoba menggunakannya untuk menyembuhkan sariawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini