Sukses

Penggunaan Lemon Dinilai Mampu Deteksi Gejala Kanker Payudara

Liputan6.com, Inggris Bagi sebagian wanita, tanda-tanda kanker payudara mungkin belum dirasakan sampai tiba saatnya untuk memeriksa payudara sendiri. Ketika ditemukan benjolan atau kulit payudara yang tidak normal, Anda mungkin merasa khawatir.

Menanggapi kekhawatiran tersebut, Corrine Beaumont, seorang desainer muda menciptakan kampanye Know Your Lemons. Idenya ini telah dibagikan lebih dari 32 ribu kali di Facebook dalam beberapa hari terakhir.

Corrine kehilangan kedua neneknya akibat kanker payudara, yang masing-masing berusia 40 tahun dan 62 tahun ketika ia baru menemukan sedikit informasi tentang tanda-tanda kanker payudara. Ia pun mulai bangkit untuk menemukan solusinya.

Lemon menjadi metafora untuk menjelasakan kanker payudara. Corrine menggunakan lemon sebagai cara visual sederhana untuk menunjukkan, gejala kanker payudara yang dapat terlihat dan terasa.

Corrine menggambarkan lemon yang ditaruh pada kotak telur untuk mengedukasi. Gambarnya yang bersahabat dinilai bisa membantu wanita mengatasi ketakutan terhadap penyakit pada payudara.

"Beberapa pasien tidak ingin berbicara tentang payudara atau melihat payudara mereka sendiri. Seringkali wanita yang diminta dalam kampanye payudara ini tidak terlihat seperti wanita biasa. Tapi mereka bisa memahami hal ini sedikit demi sedikit," kata Corrine, sesuai ditulis pada BBC News, Selasa (17/1/2017).

Kampanye ini telah digunakan mengedukasi orang di Amerika Serikat, Spanyol, Turki dan Lebanon, dan diterjemahkan ke dalam 16 bahasa yang berbeda.

Dua tahun lalu, Corrine meninggalkan pekerjaannya untuk memulai membangun badan sendiri, Worldwide Breast Cancer.

 

1 dari 3 halaman

Deteksi kanker payudara

Deteksi kanker payudara

Berkat Know Your Lemons, banyak wanita yang mampu mendeteksi apakah mereka terkena kanker payudara dan sudah mencapai tahap stadium berapa. Seperti halnya, Erin Smith Chieze.

Ia didiagnosis menderita kanker payudara stadium 4 setelah mengakui memiliki lekukan di payudaranya.

Hal ini diketahui setelah ia melihat gambar lemon yang memberikan rincian seperti apa kanker payudara bisa terlihat.

2 dari 3 halaman

Lemon untuk edukasi

Lemon bermanfaat untuk mengedukasi

Prof Jayant Vaidya, profesor bedah dan onkologi di University College London, Inggris mengatakan lekukan pada payudara, terutama ketika lengan diangkat atau saat wanita bersandar ke depan merupakan gejala awal yang penting.

"Terlepas dari area berdarah atau keluar cairan dari puting. Itu adalah tanda awal yang terlihat," katanya.

Namun, pembuluh darah yang tumbuh dan payudara meradang adalah gejala langka. Kulit payudara berubah seperti kulit jeruk dan benjolan besar merupakan tanda-tanda penyakit kanker yang lebih lanjut.

"Lemon yang ditampilkan dalam kotak telur tampaknya menarik minat dan perhatian terhadap isu kanker payudara serta mengingatkan orang agar tanggap lebih baik terhadap tanda-tanda kanker payudara," jelas Jayant.

Di Inggris, kesadaran kanker payudara sudah berada pada tingkat yang cukup tinggi.

"Perawatan modern yang ditargetkan memiliki peluang keberhasilan yang tinggi dan ditujukan untuk mengurangi bahaya pengobatan yang berlebihan," tutupnya.

Artikel Selanjutnya
Berhenti Percaya pada 10 Mitos Payudara Ini
Artikel Selanjutnya
Pil KB Bisa Tingkatkan Risiko Kanker Payudara?