Sukses

Tomat Ampuh Turunkan Risiko Buruk dari Merokok

Sebuah studi mengungkap perokok yang rutin mengonsumsi jus tomat bisa menekan kerusakan paru.

Liputan6.com, London- Tomat memiliki seabrek manfaat sehat bagi tubuh. Dan sebuah studi mengungkap, perokok yang rutin mengonsumsi jus tomat bisa menekan risiko kerusakan paru.

Seperti diketahui banyak orang, tomat dikenal kaya antioksidan alami yakni likopen. Studi sebelumnya mengungkap konsumsi tomat bisa mengurangi risiko terkena kanker prostat.

Sementara itu, sel paru-paru orang yang merokok akan rusak karena terpapar asap rokok yang mengandung radikal bebas. Kehadiran antioksidan likopen dari tomat ini mampu menekan kerusakan pada jantung itu terjadi, seperti mengutip Daily Mail, Senin (16/1/2017).

Fakta ini diketahui setelah peneliti Juntendo University School of Medicine melakukan studi terhadap tikus. Pada minuman tikus dicampur jus tomat. Hasilnya, bisa mencegah penyakit emfisema akibat asap rokok.

Emfisema adalah penyakit progresif jangka panjang pada paru-paru. Umumnya kondisi ini membuat napas jadi pendek dan timbul mengi pada saat menarik napas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini