Sukses

Paparan Cacing Parasit Bisa Terjadi Lewat 5 Cara

Tidak selalu cacing parasit masuk ke dalam tubuh lewat kuku tangan yang terdapat telur cacing saja.

Liputan6.com, Jakarta Masuknya cacing parasit ke dalam tubuh bisa dengan banyak cara. Tidak selalu cacing masuk ke dalam tubuh lewat kuku tangan yang terdapat telur cacing saja.

Berikut beberapa cara cacing parasit masuk ke dalam tubuh seperti mengutip laman Organic Nutrition, Senin (16/1/2017).

1. Lewat kuku tangan

Jika Anda melakukan banyak aktivitas yang terpapar tanah, jangan lupa mencuci tangan hingga bersih. Lalu pastikan juga kuku tidak panjang. Jika kuku panjang bisa menjadi tempat bersemayam telur cacing. Kemudian bisa masuk ke dalam makanan pada saat pengolahan dan penyajian. Pastikan kembali mencuci tangan hingga bersih pada saat makan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Daging yang belum matang sempurna

Makanan yang kita konsumsi bisa jadi mengandung parasit seperti daging sapi, babi, atau ikan yang dimasak belum sempurna. Sehingga pastikan masak daging hingga benar-benar matang.

3. Buah dan sayur

Buah dan sayur yang tumbuh di atau dekat dengan tanah bisa juga mengandung cacing parasit. Pastikan untuk mencuci sayuran dan buah hingga bersih.

3 dari 3 halaman

4. Udara

Terkadang, telur cacing berukuran amat kecil sehingga hanya bisa dilihat menggunakan mikroskop. Beberapa telur cacing ini bisa terbawa angin. Misalnya telur cacing kremi.

5. Hewan peliharaan

Hewan peliharan bisa membawa beberapa jenis cacing yang ditularkan ke manusia. Misalnya cacing pita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini