Sukses

Cara Hentikan Keinginan Mencemil Makanan Manis

Keinginan untuk mencemil makanan manis yang merugikan kesehatan bisa Anda hentikan dengan cara-cara di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Pernah Anda merasa ingin makan makanan manis, padahal baru saja selesai makan?

Menurut Keri Glassman R.D., seorang ahli nutrisi, kebanyakan, keinginan mencemil muncul karena faktor emosi, kebiasaan, atau nutrisi. Jadi, setelah Anda memakan semangkuk mie ayam, lantas kemudian ingin makan es cendol, hal ini bisa jadi karena itulah menu yang biasa disajikan oleh ibu Anda dulu.

Bisa juga, keinginan mencemil makanan manis itu muncul karena, setiap kali Anda selesai makan di restoran kesukaan, Anda selalu menyempatkan diri untuk mampir ke gerobak cendol di depannya.

Atau, hal itu muncul karena Anda tak mendapat cukup asupan di hari itu, terutama lemak dan protein. Kedua nutrisi tadi memberikan rasa kenyang, jadi ketika Anda tak mendapatkannya dalam porsi cukup, keinginan mencemil makanan manis akan muncul untuk mendapatkan energi secara instan.

Melansir Women's Health, Minggu (15/01/2017), jika keinginan mencemil Anda muncul karena faktor emosi, coba ambil jeda sejenak. Tanyakan pada diri Anda, apa yang Anda rasakan, dan apakah ada hal lain yang mungkin bisa memberi Anda rasa nyaman yang sama seperti yang diberikan oleh cemilan manis tadi.

Jika alasannya adalah kebiasaan, hentikan keinginan mencemil manis tadi dengan menggantinya menggunakan makanan lain--yang bebas gula. Jika hal itu masih belum cukup, satu sendok makan selai kacang atau teh kayu manis bisa membantu Anda.

Dan untuk Anda yagn keinginan mencemilnya timbul karena kekurangan nutrisi, fokuslah pada protein yang sehat (seperti ikan, telur, atau buncis), dan lemak baik (minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan) setiap selesai makan.

Dengan rancangan makanan seperti di atas, Anda akan bisa untuk menghentikan keinginan mencemil makanan manis, dan menyimpannya saat Anda benar-benar menginginkannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini