Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Begini Kondisi Penis Saat Tua

Saat usia tidak lagi muda, terjadi banyak perubahan pada tubuh. Termasuk kondisi fisik dan fungsi penis.

Liputan6.com, New York- Bertambahnya usia tentu mengubah penampilan fisik. Bukan hanya kulit yang keriput dan rambut memutih, penis juga ikut tua.

Menurut Direktur Institute of Men’s Health for the Jersey Urology Group, Brian Steixner, penuaan pada penis pasti terjadi. Sehingga tidak perlu khawatir berlebihan.

Berikut beberapa hal yang bakal terjadi pada penis saat seorang pria sudah tua seperti mengutip Men's Health, Minggu (15/1/2017).

1. Terkulai

Menurut Steixner, skrotum (buah pelir) akan terkulai dibandingkan masa muda. Namun jangan panik. Ini adalah hal yang tidak bisa terhindarkan saat pria tua.

2. Menyusut

Saat tua, ukuran penis tidak lagi seperti masa muda. Makin lama penis akan menyusut sehingga ukurannya akan mengecil. Hal ini terjadi karena kadar testosteron menurun.

Kondisi penis makin menyusut bila memiliki perut besar. Kehadiran lemak di perut makin membuat penis terlihat kecil.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bentuk lebih melengkung

3. Bentuk lebih melengkung

Saat sudah tua, jangan bingung bila mendapati penis lebih melengkung. "Ini biasanya terjadi pada usia 60 dan 70-an tahun. Saya pernah melihat tampilan penisnya amat melengkung seperti bentuk 'tanda tanya'," kata Brian. 

4. Disfungsi ereksi

Selain tampilan fisik yang berubah, fungsi penis juga mengalami perubahan saat tua. Sebagian pria yang sudah tua mengalami disfungsi ereksi.

Menurut Brian, disfungsi ereksi itu seperti serangan jantung tapi pada penis. "Dan untuk mencegah hal ini terjadi saya akan memberikan saran seperti orang dengan penyakit jantung. Yakni makan dengan baik dan olahraga teratur," katanya.

Jika menjalani gaya hidup sehat, bukan tidak mungkin performa penis tetap prima hingga tua. "Saya punya pasien usia 90-an tahun yang memiliki ereksi sempurna. Ya ini terjadi karena dia menjaga gaya hidupnya tetap sehat," tutur Brian.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini