Sukses

Kenapa Jadi Ingin BAB Usai Minum Kopi?

Pernahkah Anda merasa mulas dan ingin buang air besar usai mengonsumsi secangkir kopi? Berikut alasan ilmiahnya.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda merasa mulas dan ingin buang air besar (BAB) setelah menghabiskan secangkir kopi? Jika ya, Anda harus mengetahui penyebabnya berikut ini.

Sebuah studi yang dilakukan The Gut pada 1990 yang terbit dalam Journal of Gastroenterology, menemukan bahwa kopi memiliki kekuatan untuk menginduksi respon gastrokolik dalam hitungan menit.

Respon gastrokolik ialah reflek yang ditimbulkan tubuh dalam mengendalikan sistem sekresi yang menyebabkan keinginan individu untuk buang air besar.

Meski tak semua individu mengalami rasa mulas usai minum kopi, tetapi peneliti berhipotesis bahwa kopi mampu mempengaruhi jaringan epitel pada usus yang melapisi lambung dan usus kecil yang berfungsi dalam proses pencernaan.

Studi juga menemukan bahwa kopi dapat melepaskan gastrin, hormon yang diproduksi di dalam perut yang dikenal untuk meningkatkan aktivitas motorik dalam usus besar dan pada akhirnya merangsang individu mulas dan ingin buang air besar, dikutip dari Live Science, Jumat (13/1/2017).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.