Sukses

Tips Sukses Tidur Siang di Tempat Kerja agar Tubuh Kembali Segar

Tidur siang bermanfaat bagi tubuh, lantas bagaimana tips yang tepat tidur siang di tempat kerja?

Liputan6.com, Jakarta Serangan kantuk pada jam kerja di kantor bisa mengganggu produktivitas kerja Anda. Salah satu menghilangkan kantuk dengan tidur siang. Ternyata tidur siang saat jam kantor berlangsung sangat bermanfaat.

Hal ini dirasakan Bhim Suwastoyo, seorang reporter Agence France Presse di biro Jakarta, Indonesia.  Ia terkenal di perusahaannya karena kerap tidur siang di bawah lemari, di belakang mejanya.

Ia menceritakan pengalamannya saat meliput berita sepanjang hari pada masa Indonesia mengalami puncak krisis tahun 1997.

"Tidur siang memberi Anda lebih banyak energi untuk menjalani sisa hari. Rasanya seperti memulai kerja di pagi hari," kata Bhim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Ritme sirkadian

Ritme sirkadian

Seperti halnya Bhim, di beberapa negara Eropa selatan dan Asia, perusahaan memperbolehkan karyawan untuk tidur siang.

Di Jepang, tertidur saat rapat tampak terlihat sebagai seberapa keras Anda bekerja. Beberapa bos bahkan dianggap pura-pura tidur siang demi menguping apa yang dibicarakan dan humor yang dilontarkan karyawan kepada dirinya.

Tidur siang saat rapat menunjukkan seberapa keras kerja Anda. (Ilustrasi: BBC)

Apa yang menyebabkan kantuk menyerang? Tubuh seseorang bekerja sesuai ritme sirkadian, siklus hormon yang mengatur jam tubuh. Penyebab utama adalah melatonin, yang terletak pada otak.

Ketika kandungan kimia tinggi, maka Anda akan tertidur. Tetapi saat Anda terkena sinar matahari, tingkat melatonin rendah dan Anda menjadi gembira.

"Tidur membersihkan sisa metabolisme dan racun dari otak. Semakin kurang tidur, efek kerja jadi kurang fokus," jelas Natalie Dautovich dari National Sleep Foundation, seperti dilansir BBC, Jumat (13/1/2017).

Ada kalanya, orang lain di tempat kerja melihat Anda begitu kantuk tapi sebenarnya Anda tidak mengantuk. Pemicunya dari layar ponsel, yang digunakan selama bekerja. Layar ponsel memancarkan cahaya lebih biru dari rata-rata bola lampu biasa.

Hal ini mengakibatkan siang hari seolah-olah palsu sehingga cenderung menurunkan tingkat melatonin dan membuat Anda lebih segar.

3 dari 3 halaman

Tips tidur siang di tempat kerja

Tips tidur siang di tempat kerja

Jika tidak ingin mengganggu rekan kerja, Anda bisa mencoba tips tidur siang di kantor, berikut ini: 

- Dapatkan izin dari atasan Anda

-  Tidur siang setelah makan siang antara jam 14.00 sampai 16.00

Tidur siang pulihkan energi Anda. (Ilustrasi: BBC)

- Cari tempat yang tenang dan terpencil (hindari tempat publik yang terbuka, seperti taman. Anda tidak mau dibangunkan security saat asyik tertidur bukan)

- Batasi tidur siang kurang dari 20 menit untuk menghindari kepeningan tidur. Biarkan tubuh pulih selama 10 menit

- Jika Anda ingin tidur lebih lama lagi, maka Anda bisa tidur selama 90 menit

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini