Sukses

Kandungan Makanan yang Bikin Kulit Kinclong di 2017

Untuk mendapatkan kulit kinclong, mulus, dan sehat, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, salah satunya asupan makanan.

Liputan6.com, Jakarta Januari adalah waktu yang tepat untuk fokus mewujudkan resolusi miliki kulit kinclong di 2017. Untuk mendapatkan kulit kinclong, halus, mulus, dan sehat, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan, salah satunya asupan makanan.

Dr Holly Fennell, dokter Naturopathic, kolumnis di laman CBC, berbagi pengetahuannya seputar jenis makanan yang perlu dikonsumsi untuk mendapat kulit konclong dan sehat.

1. Konsumsi makanan antioksidan yang kaya glutathione

Mendapat julukan "Master Antioksidan", glutathione tak hanya penting bagi kesehatan tubuh melainkan juga sangat baik bagi kesehatan dan keindahan kulit.

Glutathione populer di negara-negara Asia karena diklaim bisa mencerahkan kulit dengan mengurangi hipergimentasi serta munculnya bintik merah di kulit wajah.

Sebagian besar orang mendapat tambahan asupan glutathione lewat suplemen. Tapi Anda juga bisa mendapatkannya dengan cara alami seperti mengonsumsi bawang merah, bawang putih, avokad, dan sayuran berdaun hijau semacam kale dan brokoli. Makanan-makanan tersebut membantu lever mendaur ulang glutathione yang diproduksi alami oleh tubuh. Tentunya hal ini juga membantu Anda mendapat kulit kinclong

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Konsumsi makanan yang baik bagi lever

2. Mengonsumsi makanan yang baik bagi lever

Kulit kinclong dan sehat berkaitan erat dengan kondisi lever yang juga sehat. Lever bekerja keras untuk Anda karena organ ini berfungsi mendetoks dan mengeluarkan racun dari tubuh, menyimpan vitamin, mineral, serta memecah lemak.

Konsumsi makanan yang banyak mengandung gula, alkohol, serta lemak tak sehat bisa menyebabkan lever terlalu keras bekerja. Hal ini akan berdampak pada kulit seperti timbulnya jerawat, rosacea, dan eksim.

Ada banyak makanan yang bisa membantu kinerja lever. Tomat kaya akan glutathione yang tentunya membantu lever mudah mendetoks racun. Anda juga bisa menambahkan lemon atau jeruk nipis ke dalam air minum, ini akan membantu menstimulasi lever memecah zat beracun dalam tubuh.

Menambah kunyit ke dalam makanan harian Anda juga bisa membantu lever memecah dan mengeluarkan karsinogen pada makanan yang dikonsumsi. Campur kunyit dengan makanan yang mengandung lemak sehat seperti avokado atau almond dan sejumput lada hitam untuk penyerapan yang sempurna. 

 

3 dari 3 halaman

Kudap makanan sehat

3. Mengudap makanan sehat

Hampir semua orang senang mengudap. Apalagi jika yang dikudap adalah makanan yang bisa mencerahkan dan membuat kulit mulus.

Dr Fennell membagi resep kudapan sehatnya yang terdiri dari kombinasi makanan super (superfood), kacang-kacangan, dan biji-bijan seperti berikut:

1 sdm goji berry, 4 sdm biji wijen, 1 sdm biji kakao, 2 lembar nori kering, 4 sdm almond.

Goji berry kaya antioksidan yang ampuh memerangi kerusakan akibat radikal bebas. Biji wijen banyak mengandung zinc yang diperlukan tubuh untuk memproduksi kolagen yang membuat kulit lembut serta kenyal. Sementara biji kakao tinggi antioksidan dan penuh magnesium yang baik untuk kulit. Sedangkan nori kaya antioksidan serta tinggi vitamin C. Dan almond banyak mengandung vitamin E dan lemak untuk melembutkan kulit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini