Sukses

Luar Biasa, Rusia Bakal Terapkan Pelarangan Merokok di Tahun 2033

Rusia berniat larang anak muda lahiran tahun pasca 2015 merokok, dengan begitu Rusia bakal jadi negara pertama yang berhasil membasmi rokok.

Liputan6.com, Moscow- Kementerian kesehatan Rusia belum lama ini telah mengusulkan sebuah kebijakan berskala nasional yang akan membuat satu dunia terkejut sekaligus kagum. Seperti diberitakan di laman Zeenews India, Kamis (12/1/2017), pemerintah Rusia melalui kementerian kesehatannya berkeputusan untuk melancarkan rencana mereka untuk menurunkan peraturan berupa pelarangan merokok terhadap siapa pun yang lahir setelah tahun 2015.

Proposal yang diajukan oleh pihak kementerian kesehatan negara tersebut sejauh ini mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Vladimir Putin.

Jika perencanaan tersebut berhasil dan berujung menjadi pengadopsian pelarangan merokok terhadap generasi yang terlahir setelah tahun 2015, maka Rusia akan menjadi negara pertama di dunia yang berhasil mengeliminasi keberadaan rokok serta menurunkan secara totalitas jumlah konsumennya.

Peraturan tersebut diketahui akan mulai berjalan pada tahun 2033 mendatang. Pada tahun tersebut, para bayi yang terlahir setelah tahun 2015 rata-rata umurnya akan sudah mencapai 18 tahun.

“Rencana ini sangat bagus dan secara ideologi menguntungkan tak hanya pihak pemerintah saja namun juga masyarakat secara menyeluruh,” kata Nikolai Gerasimenko, anggota komite kesehatan di parlemen Rusia kepada Times melalui wawancara khusus.

Menurut laporan statistik resmi negara tersebut yang dikemukakan oleh Russian News Agency Tass, jumlah perokok di Rusia telah mengalami penurunan signifikan sebanyak 10 persen di tahun 2016 kemarin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.