Sukses

10 Penyakit Kaki dan Kuku yang Masih Jarang Dibahas Orang

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal yang bisa membuat kaki serta kuku kita terancam kesehatannya. Apa saja kondisi buruk yang umumnya mengintai kaki serta kuku manusia?

Berikut jawabannya seperti dilansir dari WebMD, Kamis (12/1/2017).

Kuku Jamuran

Jamur berukuran mini kerap kali memasuki bagian dalam kuku Anda melalui celah-celah yang ada di area seputar kuku tersebut. Keberadaan jamur tersebut dalam kuku pasalnya memicu infeksi yang ditandai dengan adanya perubahan warna, penebalan volume serta perapuhan pada kuku. Kuku berjamur umumnya mengintai orang-orang yang senang berenang atau bermain di area basah tanpa menggunakan alas kaki.

Dampak berkepanjangan mengenakan sandal

Beberapa orang lebih senang mengenakan sandal lantaran sepatu umumnya membuat kaki kepanasan. Namun ternyata menggunakan sandal secara terus-menerus dapat memungkinkan terjadinya kondisi medis tak menyenangkan pada kaki Anda seperti bunion (kelainan bentuk jempol kaki), katimumul (benjolan pada bagian atas permukaan jari kaki di atas persendian dan sejumlah masalah seputar kaki lainnya.

Bunion

Bunion adalah sebutan penyakit kelainan bentuk dari jempol kaki. Kelainan bentuk ini terjadi ketika bonggol kaki berkembang di bawah jempol kaki yang menyebabkan jempol kaki terdorong ke depan dan ke samping menuju jari kaki lainnya. Kondisi ini dapat menyebabkan nyeri yang hebat, terutama karena bunion terletak pada sendi kaki.

Katimumul dan Callus

Katimumul atau dalam bahasa Inggris disebut corns adalah benjolan keras berbentuk-kerucut umumnya ditemukan pada bagian atas permukaan jari kaki yang lebih kecil, terutama di atas persendian. Kemudian callus (kulit yang tebal keras) merupakan bulatan datar yang menebal pada kulit yang terletak di bawah permukaan kaki.Corn dan callus biasanya disebabkan oleh pergesekkan dan tekanan, terutama dari sepatu yang ketat atau tidak pas.

1 dari 2 halaman

Asam urat hingga kaki datar

Asam Urat

Penyakit asam urat atau dalam bahasa Inggris gout merupakan penyakit yang menyerang bagian sendi kaki. Penyakit ini terjadi karena adanya penumpukan kadar purin dalam tubuh. Umumnya penyakit ini menyerang bagian jari kaki, tangan, lutu dan beberapa titik sendi lainnya.

Kutil Plantar

Penyakit kaki kutil plantar atau the plantar wart dikenal sebagai penyakit menular seksual. Proses penularannya adalah melalui kontak ke kulit atau aktivitas seksual secara langsung atau seks oral dengan pasangan yang sudah terinfeksi sebelumnya.

Kutu Air

penyakit kutu air atau athlete’s foot terjadi ketika kulit sela-sela jari kaki terinfeksi jamur parasit. Kutu air timbul akibat jamur trichophyton rubum yang ditandai dengan rasa gatal berlebihan. Namun jika digaruk, rasa gatal justru kian bertambah dan menjadi semakin parah.

Jari Kaki Palu

Penyakit jari kaki palu juga memiliki sebutan lain yaitu, hammertoe atau kaki cakar. Penyakit ini disebabkan oleh penggunaan sepatu yang terlalu pendek, ketat, sempit serta runcing bentuknya. Kondisi ini ditandai dengan deformitas sendi yang paling dekat dengan ibu jari kaki. Sendi yang biasanya fleksibel, saat menderita hammer toe lambat laun akan berbentuk menekuk.

Cantengan

Penyakit kaki cantengan atau ingrown toe nail (ungius incarnatus) adalah kondisi dimana tepi kuku menusuk lipatan kulit di bagian permukaan atas dan bawah. Umumnya kondisi ini mengintai bagian ibu jari kaki. Penyakit ini bisa disebabkan oleh penggunaan sepatu berukuran sempit pada ujungnya serta perawatan kuku yang kurang benar.

Kaki Datar

Penyakit kaki datar atau flat feet (pes planus) mengacu pada suatu kondisi medis di mana lengkungan kaki berbentuk rata atau terlalu datar. Ketika kita memiliki kaki datar, postur serta keseimbangan tubuh pun menjadi kurang baik.