Sukses

Lavender Bisa Hilangkan Ketombe hingga Obati Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Aroma lavender umumnya digunakan sebagai pewangi ruangan sekaligus penghalau nyamuk. Tak hanya wanginya sedap, lavender juga memiliki manfaat kesehatan dan menenangkan sehingga bisa digunakan untuk beragam kesempatan.

Berikut beragam manfaat lavender untuk Anda, dilansir laman Popsugar, Rabu (11/1/2017):

1. Membuat tidur lebih nyenyak

Aroma lavender yang menenangkan bisa membantu Anda tidur lebih nyenyak. Larutkan dengan air yang telah disuling dalam botol semprot lalu semprotkan pada seprai dan sarung bantal atau oleskan di telapak tangan dan usap pada permukaan bantal. Ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak.

2. Redakan nyeri

Redakan nyeri otot dengan mengoleskan minyak lavender tepat di area tersebut. Anda juga bisa meredakan sakit kepala dengan menggosokkan di pelipis. Sebelumnya pastikan minyak lavender Anda 100 persen alami dan tidak menimbulkan alergi.

3. Menyegarkan kamar mandi

Teteskan beberapa minyak lavender ke dalam tuba tisu toilet agar kamar mandi beraroma lebih segar.

4. Meredakan stres

Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke air berendam Anda atau ke oil burner aroma terapi agar seluruh rumah beraroma lavender.

Menghirup aroma lavender bisa membantu menenangkan tubuh dan pikiran.  

 

1 dari 2 halaman

Menghilangkan ketombe

5. Menghilangkan ketombe

Lavender juga bersifat antijamur sehingga bisa digunakan untuk mengatasi ketombe. Campur sedikit minyak lavender dengan cuka apel untuk keramas.

6. Menghalau nyamuk dan serangga

Enyahkan serangga dengan menambahkan 30 hingga 40 tetes minyak lavender ke dalam botol semprot berisi air yang disuling. Semprotkan ke seluruh tubuh dan tempat
tidur sebelum Anda tidur.

7. Mengharumkan pakaian

Anda bisa mengharumkan pakaian dengan minyak lavender. Caranya tambahkan 12 hingga 15 tetes lavender ke dalam deterjen yang akan digunakan untuk mencuci pakaian.

8. Mengalahkan bakteri

Racik ramuan semprot antibakteri untuk membersihkan sudut-sudut rumah dengan campuran minyak lavender dan air.

9. Mengatasi jerawat dan eksim

Minyak lavender efektif untuk menyembuhkan jerawat, luka, dan iritasi kulit. Untuk mengobati jerawat, larutkan minyak lavender dengan air dan bubuhkan pada kulit atau campur ke dalam air mandi.

Artikel Selanjutnya
3 Bahan Dapur yang Mampu Basmi Ketombe Rambut
Artikel Selanjutnya
8 Perawatan Sederhana untuk Atasi Kaki Kering dan Bersisik