Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Puting Berubah Warna Saat Wanita Berada di Fase Ini

Liputan6.com, Jakarta Saat wanita berada di fase menyusui, maka akan terjadi perubahan pada payudara termasuk puting. Namun, tak banyak wanita yang menyadari perubahan pada puting mereka, seperti perubahan warna puting. Benarkah?

Alyssa Dweck, M.D., ob-gyn di Westchester, New York sekaligus penulis dari buku berjudul: 'V Is for Vagina', mengatakan puting akan berubah warna dari merah muda, merah bata, bahkan cokelat tua.

Menurut Dweck, perubahan warna puting dipengaruhi juga dengan etnis dan pigmen kulit pada puting. "Ini bergantung dengan lonjakan hormon selama kehamilan," Dweck menjelaskan.

Seperti dilansir laman Women's Health, Selasa (10/1/2017) berikut perubahan puting yang terjadi saat wanita sedang menyusui.

1. Puting berubah ukuran

Saat menyusui, puting wanita akan berubah ukuran. Biasanya ukuran puting bertambah setengah kali lipat dari ukuran normal.

2. Puting lebih sensitif

Puting adalah zona seksual wanita yang paling sensitif dan ketika wanita sedang berada di fase menyusui, puting akan semakin sensitif dari biasanya. Studi 2011 yang terbit dalam Journal of Sexual Medicine menunjukkan bahwa puting akan lebih mudah dirangsang bahkan dapat menjadi gerbang stimulasi klitoris juga vagina.

3. Puting mengeluarkan minyak

Saat menyusui, puting wanita dapat mengeluarkan minyak. Menurut Dweck, minyak yang keluar dari areola atau folikel rambut bisa menghasilkan cairan pelumas.

4. Puting mudah lecet

Wanita yang tengah menyusui harus berhati-hati saat melakukan aktivitas fisik. Sebab penggunaan bra yang tidak tepat saat olahraga dapat menyebabkan gesekan pada puting yang menyebabkan lecet. Menurut Dweck, puting wanita menyusui akan lebih mudah teriritasi.

Artikel Selanjutnya
Rambut Jaili Lamb Selalu Jabrik Mirip Albert Einstein
Artikel Selanjutnya
Pria Masih Sering Lakukan Kesalahan Ini Saat Masturbasi