Sukses

Foto Binatang Peliharaan Bisa Usir Mengantuk Setelah Makan Siang

Memilih menggunakan tangga daripada lift atau eskalator saat jam istirahat makan siang bisa mencegah rasa mengantuk.

Liputan6.com, New York- Rasa mengantuk usai makan siang kerap jadi hal yang dianggap lumrah oleh sebagian orang. Agar tidak mengantuk usai makan siang para pakar menyarankan membatasi asupan 400-600 kalori.

Lalu, jika masih juga mengantuk usai makan siang lakukan hal berikut agar tetap semangat jalani hari seperti mengutip Reader's Digest, Selasa (10/1/2017).

- Jalan-jalan usai makan siang

Manfaatkan istirahat makan siang untuk melakukan aktivitas fisik. Seperti lebih memilih naik tangga daripada eskalator saat menuju tempat makan, memilih tempat makan agak jauh dengan berjalan kaki.

"Aktivitas fisik meningkatkan aliran darah, sehingga membuat oksigen dan nutrisi bisa masuk ke jaringan otot. Sehingaa hal ini bisa meningkatkan energi," kata Direktur Division of Epilepsy and Sleep dari Columbia University, Amerika Serikat, Carl Bazil.

- Melihat hewan peliharaan

Saat mulai mengantuk usai makan siang, coba ingat-ingat hewan peliharaan di rumah. Dengan melihat fotonya saja rupanya bisa membantu Anda lupa rasa mengantuk. Studi dari University of Missouri College of Veterinary Medicine juga menyebutkan hal ini bisa membuat Anda lebih tenang dan fokus.

Tak punya hewan peliharaan? Tak perlu sedih. Buka video tingkah lucu aksi kucing atau anjing dan secara otomatis bisa membuat orang yang melihatnya tersenyum. Jessica Gall dari Indiana University menyebutkan aktivitas ini membuat seseorang jadi lebih berenergi dan emosi positif.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Permen Karet dan Kopi

- Kunyah permen karet

Saat rasa mengantuk mulai mendera usai makan siang, coba mengunyah permen karet. Cukup 15-20 menit mengunyah permen karet bisa 'membangunkan' Anda.

Kurangi Risiko Kanker Prostat dengan Minum Kopi

- Minum kopi di waktu tepat

Ya, kopi merupakan salah satu pendongkrak energi yang disukai banyak orang. Namun jangan terlalu sore ya mengonsumsi kopi. Bila kandungan kafein baru masuk di sore hari bisa memengaruhi kemampuan tidur nanti malam.

"Jika mengonsumsi kopi di sore hari, nanti malah membuat lingkaran setan. Nanti malam sulit tidur, sehingga keesokan siangnya jadi kembali mengantuk," kata Bazil.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini