Sukses

Mengantuk Usai Makan Siang, Siapa Biang Keroknya?

Mengonsumsi karbohidrat sederhana berlebihan membuat tubuh mudah mengantuk usai makan siang.

Liputan6.com, Jakarta Keinginan untuk tidur gara-gara rasa mengantuk tak tertahankan biasa terjadi usai makan siang. Nah kemungkinan besar hal tersebut terjadi gara-gara mengonsumsi asupan karbohidrat berlebihan. Misalnya mengonsumsi nasi ditemani mie.

"Bila mengonsumsi makanan yang kaya karbohidrat seperti roti putih, pasta, dan kentang akan membuat Anda mengantuk," kata anggota British Dietetic Association, Catherine Collins.

Rasa mengantuk terjadi karena asupan karbohidrat yang banyak mendorong tubuh memprodoksi serotonin. Ini adalah senyawa kimia yang membuat tubuh jadi mengantuk atau lesu kata Collins lagi seperti mengutip Daily Mail, Selasa (10/1/2017).

Rupanya beberapa artis Hollywood ini pernah menjadi pelayan di sebuah restoran cepat saji.

Jika tidak ingin mengantuk usai makan siang batasi asupan karbohidrat. Dan akan lebih baik bila memilih karbohidrat kompleks yang identik dengan serat tinggi seperti nasi merah atau jagung. Dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks membuat tubuh melepaskan energi secara perlahan dibandingkan karbohidrat sederhana.

Dampingi karbohidrat dengan makanan lain yang mengandung vitamin, mineral, lemak, dan protein. Batasi asupan kalori antara 400-600 kalori. Jika sampai lebih dari 800 kalori juga bisa membuat mengantuk. 

"Jika kita tidak makan siang, tubuh kita mulai 'teriak' membutuhkan dahysat dan gula darah menurun," kata pakar nutrisi Inggris, Maria Griffiths.

Kondisi perut kosong di siang hari membuat orang tersebut jadi mudah marah, lamban, dan kehilangan konsentrasi. Oleh karena itu, jangan lupa ya untuk tidak melewatkan makan siang. Idealnya sekitar pukul 12.00 - 13.00.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini