Sukses

5 Menu Makan Siang Tak Sehat yang Sebaiknya Anda Hindari

Banyak orang cenderung tergiur dengan pilihan makanan yang terlalu banyak, bahkan terpengaruh dengan orang lain dalam memilih makan siang.

Liputan6.com, Jakarta Makan siang menjadi sesi terpenting sehari-hari untuk mengisi energi tubuh dan melanjutkan aktivitas hingga malam hari. Sayangnya, banyak individu yang masih salah memilih menu makan siang yang bergizi dan sehat.

Banyak orang cenderung tergiur dengan pilihan makanan yang terlalu banyak, bahkan terpengaruh dengan orang lain dalam memilih makan siang.

Seperti seporsi burger dan kentang goreng yang mengenyangkan, tetapi menu ini bukan menu makan siang yang sehat untuk Anda sebab mereka mengandung kalori yang berlebih dan berpotensi menyebabkan kegemukan juga masalah jantung.

Berikut menu makan siang tidak sehat dan perlu Anda hindari mulai saat ini, dikutip dari EPYK - Health and fitness, from exercise to food, Selasa (10/1/2017).

1. Sandwich siap saji
Setiap toko makanan atau bahkan di swalayan memiliki sandwich khas. Roti lapis berisi sayur hijau, daging, dan saus yang terlihat nikmat dan sehat untuk menu makan siang Anda ini, rupanya mengandung pengawet yang tidak sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Baked potato

Kentang panggang yang dikenal dengan sebutan baked potato ini memang terlihat mengenyangkan jika dikonsumsi saat makan siang. Namun, asumsi tersebut salah besar.

Kentang memiliki indeks glikemik yang tinggi, sehingga usai dikonsumsi siang hari akan menyebabkan tubuh merasa lelah dan lonjakan gula yang cepat dan bisa menurun secara drastis.

3. Keju dan daging
Seporsi daging yang diselimuti keju mungkin akan menggiurkan lidah Anda. Namun, ketika menu makanan ini dikonsumsi siang hari maka akan ada masalah kesehatan menghampiri tubuh.

Makanan kemasan yang mengandung keju dan daging diduga dapat merusak DNA, fungsi paru-paru dan mempengaruhi berat badan.

3 dari 3 halaman

4. Pizza


Satu atau dua potong pizza mengandung 500 kalori dan 20 gram lemak. Jika Anda mengonsumsi menu ini di siang hari tanpa diimbangi sayur dan buah dapat menyebabkan tubuh kehilangan energi usai mengonsumsinya.

5. Snackbar
Banyak orang yang percaya mengonsumsi snackbar dapat mengenyangkan perut dan memberikan energi lebih. Sayangnya hal ini tidak benar.

Sebagian besar snackbar berbahan dasar tepung putih, sirup jagung berfruktosa tinggi dan gula, dapat menyebabkan gula dalam darah melonjak terlalu cepat yang mempengaruhi tubuh akan kehilangan energi lebih cepat.

Jika Anda ingin mengonsumsi snackbar untuk menu makan siang, pilihlah produk yang mengandung gandum dan bukan berbahan dasar gula dan tepung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.