Sukses

Keuntungan Mandi Air Dingin Bagi Rambut, Kulit dan Metabolisme

Mandi air dingin bisa memberikan efek sehat pada kesehatan rambut, kulit, dan metabolisme.

Liputan6.com, Jakarta Mandi air dingin dinilai meningkatkan metabolisme, mood, kulit lebih sehat dan mencegah kerusakan rambut. Menurut Jessie Cheung, dokter kulit di daerah Chicago, Amerika Serikat, mandi air dingin akan meratakan kutikula (lapisan terluar dari batang rambut) dan menghindari  kelembaban sehingga mencegah kerusakan rambut.

Mandi air dingin juga membantu menyempitkan pembuluh darah di kulit sehingga mengencangkan pori-pori serta mengurangi kulit kemerahan dan bengkak. Efek pada wajah bisa membuat wajah lebih sehat.

Tingkatkan suasana hati

Mandi air dingin dianggap meningkatkan suasana hati. Namun, bukti ini belum bisa dijelaskan lebih lanjut, menurut yang ditulis pada laman Health, Selasa (10/1/2017).

Sebuah penelitian dari International Journal of Circumpolar Health memandang aktivitas "berenang di musim dingin," yang populer di Finlandia menunjukkan, berenang di air dingin sebanyak empat kali seminggu dapat meningkatkan energi dan kesejahteraan warga Finlandia.

Studi pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Medical Hypotheses, mandi air dingin selama 2 menit sampai 3 menit membantu untuk meringankan gejala depresi.Tapi para peneliti mencatat studi  lebih lanjut masih diperlukan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Volume lemak cokelat meningkat

Volume lemak cokelat meningkat

Ada beberapa penelitian menunjukkan, suhu air dingin dapat menstimulasi lemak cokelat (jenis lemak yang membakar kalori ekstra).

Pada tahun 2014, pria yang berada di lingkungan yang dingin mempunyai peningkatan volume lemak coklat serta aktivitas metabolik lemak. Tapi tidak ada penelitian yang cukup , mandi air dingin mampu menurunkan berat badan.

Dr Lance Brown, dermatologis di New York menyarankan, jangan merasa bersalah bila Anda melewatkan mandi air dingin. Anda bisa mandi selama 10 menit dalam air hangat atau sedikit dingin.

Gunakan busa dengan lembut, sabun bebas pewangi, keringkan tubuh dengan handuk, dan memakai pelembab kulit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.