Sukses

4 Makanan Sehat yang Bantu Tubuh Bergerak Aktif

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang dipercaya dapat menjaga kekuatan sendi, tendon dan ligamen.

Liputan6.com, Jakarta Melakukan beragam aktivitas sehari-hari, tak hanya didukung oleh energi tubuh Anda. Kekuatan fisik seperti dari tulang, otot, sendi dan semua pendukung tubuh kita bergerak juga sangat dibutuhkan untuk tetap kuat.

Latihan fisik memang penting untuk menjaga tubuh tetap kuat. Namun, selain latihan fisik, makanan juga berperan penting untuk membuat tubuh tetap bebas bergerak dan kuat.

Berikut ini adalah beberapa makanan sehat yang dipercaya dapat menjaga kekuatan sendi, tendon dan ligamen Anda, dilansir dari laman Rodalesorganiclife, Selasa (10/1/2017).

1. Kaldu tulang sapi atau ayam
Kaldu yang terbuat dari tulang sapi atau ayam merupakan sumber vitamin, mineral, asam amino dan asam lemak yang besar. Kaldu tulang dapat bekerja baik pada sendi Anda.

Jika tak memiliki waktu membuat kaldu sendiri, Anda bisa menambahkan gelatin ke dalam smoothies. Pada dasarnya gelatin merupakan kolagen yang memiliki manfaat sama dengan kaldu.

2. Makanan kaya antioksidan
Usahakan selalu untuk memperbanyak asupan makanan sehat yang mengandung antioksidan tinggi seperti blueberry, raspberry, anggur ungu, delima, kismis, kale, tomat, ubi jalar. Makanan-makanan ini mengandung polyphenol dalam jumlah tinggi yang membantu mengurangi peradangan. Antioksidan pada buah dan sayuran terbukti meningkatkan elastisitas dinding sel dan mobilitas sendi.

3. Jahe
Menambahkan jahe ke dalam minuman, sup, tumisan atau semur, terbukti efektif mengatasi rasa nyeri pada sendi seperti layaknya ibuprofen, pereda nyeri. Karenanya, jika sendi sudah mulai terasa pegal, cobalah konsumsi jahe yang juga dapat meredakan perut kembung atau sakit tenggorokan.

4. Ikan
Mengonsumsi lebih banyak asam lemak omega-3 seperti yang terdapat pada ikan, dan mengurangi asupan asam lemak omega-6, seperti yang terdapat pada minyak sayur, dapat mengobati sendi yang kaku, bengkak, nyeri sendi sekaligus meningkatkan aliran darah ke sendi selama olahraga.

Untuk menjaga tulang dan sendi tetap sehat juga kuat, tak ada salahnya memperbanyak asupan makanan sehat seperti Aikan juga telur. Selain itu, cobalah untuk mengurangi makanan yang digoreng.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini