Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Inilah yang Terjadi pada Penis Seiring Bertambahnya usia

Seperti bagian tubuh lain, ternyata penis juga akan mengalami beberapa perubahan saat usia semakin tua.

Liputan6.com, Jakarta Pertanyaan-pertanyaan seperti apakah penis saya cukup besar? Apakah bentuknya bagus? Akankah penis menyusut seiring bertambahnya usia? Mungkin hal ini sering menjadi kekhawatiran pria.

Seperti bagian tubuh lain, ternyata penis juga akan mengalami beberapa perubahan saat usia semakin tua. Anda mungkin orang yang sehat dan aktif, tapi penis akan tetap berubah.

Lantas, apa saja perubahannya? Berikut ulasannya, seperti dilansir Daily Star, Senin (9/1/2016):

1. Penis bisa sedikit melengkung atau bengkok saat ereksi

Sebenarnya ini hal yang tidak perlu dikhawatirkan. Bahkan jika selalu seperti itu, maka kemungkinan itu benar-benar normal.

Namun, Anda perlu tahu bahwa ada posisi seks tertentu yang memang berbahaya bagi penis. Ketika posisi women on top misalnya, hal ini akan membangun jaringan parut dan membuat penis kaku dan berisiko patah.

2. Akan ada penyusutan permanen

Tidak ada pria yang menyukai hal ini, terutama jika Anda punya penis cukup kecil. Tapi sayangnya itu benar dan tak bisa dihindari.

Panjang rata-rata penis saat ereksi adalah sekitar 5,2 inci (13.2cm) dan lingkar 4,6 inci (11.7cm), dan pada suhu normal (non-ereksi), penis biasanya berukuran 3,6 inci (9.1cm) dengan lingkar 3,7 inci (9.3cm).

Semakin tua, sel-sel normal ini digantikan oleh serat non-elastis yang disebut kolagen. Peran hormon saat menua juga akan menurun sehingga mengakibatkan penyusutan ukuran penis.

Beruntung, para pria bisa menjalani trik sederhana untuk membuat penis Anda terlihat lebih besar, salah satunya dengan olahraga dan makan sehat untuk mencegah timbunan lemak di sekitar penis.

"Untuk setiap 30 pon Anda kehilangan berat badan, Anda efektif menambah setengah inci panjang penis," kata Brian Steixner, MD, direktur Institut Kesehatan Pria untuk Jersey Urologi Group. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Skrotum terkulai

3. Skrotum terkulai

Ketika segalanya mulai menyusut, Anda akan melihat penis yang kehilangan massa otot, hingga skrotum yang terkulai saat usia bertambah.

Dalam kasus yang ekstrem, Anda bisa mengalami splash down syndrome, ketika skrotum menjuntai saat duduk di toilet.

4. Disfungsi ereksi (ED) atau impotensi datang

Akhirnya, ketidakmampuan untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi pun terjadi.

Di Inggris, diperkirakan sekitar setengah dari pria berusia antara 40 dan 70 menderita ED.

"Memiliki ED seperti mengalami serangan jantung pada penis," jelas Steixner. Dan mencegah kondisi ini hanya bisa dikontrol dengan olahraga dan makan sehat.

"Saat ini untuk mengatasi ED bisa diberikan resep Viagra, tetapi bisa memakan waktu hingga 30 menit. Dan ini benar-benar dapat membunuh mood. Namun ada produk disfungsi ereksi gel baru yang membuat Anda siap beraksi hanya dalam 10 menit, klaim perusahaan obat.

5. Kebanyakan pria yang akrab dengan risiko kanker prostat dan kanker testis

Saat usia bertambah, risiko semua kanker ini meningkat, jadi pastikan Anda mengetahui tanda-tanda dan gejala yang perlu diwaspadai. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini