Sukses

Manfaat Hebat Makan Bawang Merah Mentah

Senyawa dalam bawang merah mentah lebih aktif dibanding sesudah dimasak.

Liputan6.com, Jakarta Selain dimasak, bawang merah mentah juga tak kalah enak untuk dikonsumsi. Lihat saja sajian sate yang tak pernah ketinggalan dari bawang merah segar. Lalu, dalam sajian salad sayur juga kerap hadir bawang merah mentah. 

Bagi Anda yang senang mengonsumsi bawang merah mentah, ada banyak keuntungan yang didapatkan tubuh. Di dalam bawang merah mentah terdapat senyawa penting yang masih aktif dibandingkan saat sudah dimasak. Senyawa tersebut diantaranya sulfur organik dan minyak atsiri yang memberi manfaat bagi kesehatan.

"Kedua senyawa tersebut biasanya sudah berkurang kandungannya bila terkena panas," seperti mengutip laman BBC Good Food, Senin (9/1/2017).

salad bawang merah mentah (Foto: veganricha.com)

Kandungan yang baik dalam bawang merah menurut banyak studi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. 

"Bawang merah terutama memiliki manfaat tinggi karena mengandung antioksidan, quercetin. Senyawa ini baik untuk jantung, sistem imunitas tubuh dan banyak hal lain di tubuh," kata peneliti pengobatan alami, Chris Kilham.

Selain itu studi lain menyebutkan mengonsumsi bawang merah membantu melawan pertumbuhan tumor serta mendukung kerja hormon agar tetap sehat.

Melihat manfaat besar dari bawang merah mentah, Kilham menyarankan untuk mengonsumsinya setiap hari.

"Makan bawang merah setiap hari. Konsumsi sekitar satu cangkir bawang merah cacah setiap hari," kata Chris seperti mengutip Fox News, Senin (9/1/2017).

Namun, bagi Anda yang memiliki perut sensitif, ada baiknya untuk memanggang bawang merah terlebih dahulu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini