Sukses

Resolusi Sehat 2017: 6 Tips Sederhana Raih Tubuh Sehat

Anda bisa memulai hari dengan Resolusi Sehat 2017 dengan tips sederhana.

Liputan6.com, Jakarta Resolusi sehat pada tahun 2017 tidak harus selalu dilakukan dengan perubahan besar-besaran. Anda bisa melakukan perubahan sederhana. Walaupun perubahan terkesan sederhana, bila Adna rutin melakukannya akan membuat tubuh sehat.

Dr Gillian Lautenbach, dari asosiasi kedokteran di rumah sakit University of Pennsylvania dan Dr David Seres, direktur nutrisi dari Columbia University Medical Center Institute for Human Nutrition memberikan beberapa tips sehat, yang ditulis pada laman Today, Senin (9/1/2017).

1. Memulai pagi dengan minum air lemon

Air lemon sangat bermanfaat bagi kesehatan. Setelah bangun pagi, peraslah beberapa lemon ke dalam gelas. Campuran air dan lemon bantu meningkatkan kekebalan tubuh karena mengandung vitamin C dan melancarkan pencernaan. Kebanyakan orang merasa lelah karena dehidrasi.

Trik ini juga menjadi cara mudah agar Anda minum lebih banyak air. Tapi Anda harus ingat, lemon juga mengandung asam sitrat, yang dapat mengikis enamel gigi. Cobalah minum air lemon dengan sedotan dan berkumurlah dengan air untuk menghindari efek asam sitrat.

Gillian merekomendasikan para pasiennya untuk membawa sebotol air lemon kemana pun mereka beraktivitas. Hal ini menjaga agar Anda tidak mengalami dehidrasi sekaligus menjaga kesehatan urine. Jika warna urine bening, maka Anda berada dalam kondisi tubuh yang sehat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Makanan sehat

2. Isi kulkas dengan makanan sehat

Ketika lapar, Anda mungkin meraih camilan dengan cepat dan mudah, yang sering kali tidak sehat. Cobalah menyimpan makanan sehat di kulkas. Simpan buah-buahan segar dan sayuran pada wadah yang mudah dilihat mata.

David menyarankan, menyimpan sirup cokelat yang manis dan bulan pilihan sehat di bagian belakang kulkas. Ketika Anda berdiri di depan kulkas, akan lebih mudah untuk segera meraih makanan sehat yang berada di bagian depan.

3 dari 6 halaman

Lakukan 'deskercises'

3. Lakukan 'deskercises'

Penelitian menyebutkan, gaya hidup yang lebih banyak duduk di kursi  meningkatkan risiko kesehatan yang negatif dibandingkan aktivitas rutin yang lebih aktif. Jika Anda menghabiskan waktu bekerja di kantor dari jam 09.00 pagi sampai jam 17.00 bukan berarti Anda boleh mengabaikan kesehatan.

Anda bisa bergerak meskipun hanya sebentar. Kurangi stres dan salurkan suasana hati Anda dengan melakukan latihan squat di meja. Cobalah berdiri sekitar 6 inci atau 15 cm inci di depan kursi Anda. Perlahan-lahan turunkan tubuh Anda hingga bokong nyaris menyentuh lantai, kemudian bawa tubuh naik kembali.

Cara lainnya, ambil buku yang berat, yang dapat ditemukan di kantor. Lalu dengan siku di atas kepala, tahan buku di belakang kepala. Perlahan-lahan turunkan buku ke belakang kepala melalui leher Anda, kemudian luruskan lengan. Anda harus menjaga siku dekat dengan telinga. Ulangi lakukan hal itu.

Gillian menyarankan, deskercises dilakukan jika Anda merasa duduk lebih dari satu jam. Pilihan lain,  Anda bisa berjalan-jalan sebentar ke meja rekan kerja. Berjalan dapat meningkatkan aliran darah, yang menjadikan otak berpikir lebih baik.

4 dari 6 halaman

Makan cokelat

4. Tingkatkan kekuatan otak dengan makan coklat

Penelitian menunjukkan, Anda dapat meningkatkan kewaspadaan dengan makan cokelat hitam. Kandungan flavanols termasuk komponen kunci dalam cokelat hitam. Flavanols berfungsi mengatasi dilatasi (pelebaran) pembuluh darah sehingga oksigen dalam darah  Anda dapat mengalir lancar.

Selain itu, menyebabkan Anda merasa lebih bahagia dan puas. Flavanols juga ditemukan secara alami pada daun teh dan buah-buahan dan sayuran tertentu.

Gillian merekomendasikan, konsumsi sekotak cokelat hitam tanpa gula karena mengandung lebih sedikit kalori dan kandungan flavanol yang tinggi. Hindari makan permen susu coklat. Sebaiknya, Anda tetap mengonsumsi cokelat berkalori tinggi, semakin hitam cokelat, maka semakin bermanfaat untuk kesehatan.

5 dari 6 halaman

Pijatan

5. Manjakan diri dengan pijatan

Setelah melewati 2016 yang penuh stres, Anda bisa meluangkan waktu dengan memanjakan diri.  Anda bisa meminta tubuh agar dipijat. Menurut Mayo Clinic, manfaat pijat sangat efektif mengurangi stres, rasa sakit, dan melenturkan otot-otot yang tegang.

Pijat dianggap sebagai bagian pengobatan alternatif bahkan digunakan dalam terapi fisik.

Menurut Gillian, pijat akan mengurangi sakit kepala dan nyeri lainnya. Saat pijat, Anda tidak harus menghabiskan waktu berjam-jam, cukup 10 menit sampai 15 menit. Namun, durasi pijatan memang tergantung orang yang bersangkutan, jika nyeri masih terasa, maka pijat butuh waktu lebih lama.

6 dari 6 halaman

Teman kebugaran

6. Cari teman kebugaran

Istilah teman kebugaran biasa terdapat dalam program penurunan berat badan, yang berwujud komunitas. Anda dan teman yang ikut program tersebut dapat saling memotivasi satu sama lain agar berbagi hidup sehat.

David menyukai gagasan memiliki teman kebugaran. Dari pengalaman pribadinya, ia  melihat bagaimana olahraga bisa membosankan dilakukan sendiri. Tapi saat Anda punya teman, olahraga menjadi menyenangkan. Hal ini mendorong seseorang terhindar dari rasa kebosanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini