Sukses

7 Tips Turun Berat Badan Tanpa Hitung Kalori

Ada tips sederhana turun berat badan tanpa perlu repot menghitung kalori setiap makanan.

Liputan6.com, Zambia Sebagian besar orang akan menghitung asupan kalorinya saat berusaha menurunkan berat badan. Tapi selalu menghitung kalori dari makanan yang akan disantap terkadang menimbulkan perasaan kurang nyaman.

Ternyata ada tips sederhana turun berat badan tanpa perlu repot menghitung kalori setiap makanan. Anda hanya perlu memperhatikan beberapa poin sederhana yang dilansir laman Times of India, Selasa (10/1/2017) berikut:

1. Bersahabat dengan vanila

Anda mungkin akan membayangkan es krim atau cake ketika mendengar kata "vanila". Kedua makanan lezat itu memang sama sekali tak membantu program turun berat badan Anda. Tapi aroma vanila bisa membantu Anda mengurangi keinginan mengudap makanan tidak sehat. Selain menghirup aroma vanila, Anda juga bisa mengurangi menghirup aroma peppermint untuk hasil yang serupa.

2. Letakkan cermin di ruang makan

Pernah melihat diri Anda sendiri tengah bersantap? Jika tidak, coba letakkan cermin di ruang makan dan bercerminlah ketika makan. Menurut sebuah studi, individu yang melihat diri mereka ketika makan, porsi makannya akan berkurang sehingga membantu mereka terhindar dari junk food.

Trik lain yang bisa Anda lakukan ketika diundang makan di luar, pastikan tuan rumah bisa melihat Anda bersantap. Ini akan membuat Anda berpikir ulang memilih menu yang tak sehat. Memang terdengar aneh, tapi cukup berhasil.

3. Buat kontras makanan dengan tempatnya

Menggunakan warna wadah makanan yang berbeda dari warna makanan pun membantu Anda menjaga porsi makanan dan terhindar dari makan berlebih. Misalnya, gunakan piring putih ketika Anda menyantap sajian pasta dengan saus berwarna merah.  Dengan begitu, program turun berat badan Anda pun tak akan terganggu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Redakan stres

4. Redakan stres

Meski stres seringkali dikaitkan dengan kondisi mental, dampak stres terhadap berat badan juga sangat nyata. Stes memicu tubuh melepas hormon stres, kortisol, yang memicu bertambahnya lemak di perut.

5. Kurangi penerangan

Pernah bertanya-tanya kenapa sebagian besar hotel dan restoran memiliki penerangan yang cenderung redup? Alasannya karena penerangan yang redup membantu menghilangkan stres dan membuat perbincangan jadi lebih menarik. Ini juga membantu Anda menikmati makanan secara perlahan sehingga terhindar dari makan berlebih.

6. Gunakan sendok bergagang panjang

Aneh? Hal yang terdengar tidak biasa ini efektif membantu menurunkan berat badan, menurut salah satu studi. Individu yang menggunakan peralatan makan elegan bertangkai panjang cenderung membuat mereka lebih lama dalam melahap makanan sehingga tidak makan berlebih.

7. Gunakan uang cash

Saat membayar dengan kartu kredit atau debit, orang cenderung belanja berlebih. Ini karena mereka tak perlu berpikir berapa banyak uang yang tersisa di kantong. Sebaliknya, ketika membayar belanjaan atau makanan dengan uang cash, Anda perlu membuka dompet dan memperhitungkan isinya. Secara tak langsung hal ini membantu Anda tidak makan secara berlebihan dan bisa mengontrol berat badan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini