Sukses

Pastikan 6 Alat Makeup Anda Tak Mengandung Zat Berbahaya

Makeup banyak sekali jenisnya. Anda harus sadar bahwa makeup mengandung bahan-bahan berbahaya untuk kulit Anda

Liputan6.com, Jakarta Healthy Living by the Environmental Working Group belum lama ini meneliti sebuah riset mengenai tingkat toksisitas (zat kimia berbahaya) di dalam produk yang kita gunakan sehari-hari, termasuk riasan (makeup) yang melekat dengan wanita setiap harinya. Mereka menemukan beberapa toksisitas seperti paraben juga zat lainnya. Salah satunya di dalam produk Bronzer.

Penggunaan jenis makeup ini biasanya untuk meratakan warna kulit wajah demi memperoleh tampilan yang lebih bersinar. Banyak wanita pun menjatuhkan pilihan ke Bronzer. Namun, Bronzer yang mengandung paraben dalam jumlah tinggi, telah dikaitkan dengan kasus kanker kulit.

Paraben sendiri ialah bahan kimia buatan manusia yang diciptakan untuk mencegah penyebaran jamur, akan tetapi jika zat ini hadir di dalam makeup justru akan merugikan kulit Anda.

Rupanya tidak hanya Bronzer yang mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi kulit si pemakainya. Berikut jenis makeup lainnya yang mengadung toksisitas dan harus Anda waspadai seperti dikutip situs The Talko, Sabtu (7/1/2016)

1. Pensil alis

Memasuki tahun 2010 hingga kini, semua wanita berlomba-lomba untuk membingkai alis mereka untuk mendapatkan tampilan wajah yang tegas dan menarik perhatian. Tetapi sebelum menggunakannya, pastikan pensil alis yang akan digunakan tidak mengandung bahan kimia seperti isobutylparaben, ethylparaben, methylparaben, dan retinyl palmitate yang dikaitkan dengan kanker kulit.

Zat berbahaya berpotensi besar menyebabkan kanker kulit, apabila ketika mengaplikasikan sambil menghadap sinar matahari langsung.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

CC Cream

2. CC Cream

Pelembap wajah yang dikenal dengan CC Cream ini memang cocok untuk wanita yang suka berpenampilan natural. Namun, beberapa CC Cream yang tersebar di pasar ada yang mengandung akrilamida yang berpotensi menyebabkan kanker.

Bahkan CC Cream yang mengandung oxybenzone, diduga dapat menganggu hormon. Pastikan CC Cream Anda tidak mengandung zat berbahaya ini ya.

3 dari 5 halaman

Perona Pipi

3. Perona pipi

Anda juga harus waspada terhadap perona pipi yang berfungsi menyegarkan tampilan Anda. Kandungan polioksimetilen urea dan quaternium-15 yang terdapat di dalam beberapa produk perona pipi dapat merusak wajah Anda.

Seperti Polioksimetilen urea yang berbahan dasar kencing binatang akan membahayakan wajah mulus dan cantik Anda. Sementara quaternium-15, biasanya digunakan untuk pengawet seperti formalin.

4 dari 5 halaman

Eyeliner

4. Eyeliner

Anda perlu berhati-hati ketika menggunakannya. Tidak sedikit produk eyeliner yang mengandung tinggi lilial dan lyral, bubuk kimia yang lebih sering ditemukan dalam detergen, deodoran, dan sabun, yang sangat berbahaya apabila menyentuh mata. Iritasi mata pun sulit dihindari.

5 dari 5 halaman

Alas Bedak

5. Alas bedak

Foundation atau alas bedak adalah riasan juga ada yang mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya untuk kulit. Seperti propylene glycol, methylparaben, propil paraben, disebut dapat mengganggu sistem endokrin.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.