Sukses

Ketahui Dulu Bahayanya Sebelum Membeli 6 Fashion Item Ini

Berikut ini adalah fashion item yang seringkali kita beli untuk kita kenakan. Namun, sudah sadarkah Anda akan bahayanya?

Liputan6.com, Jakarta Kita cukup jarang, bahkan bisa dibilang hampir tidak pernah, memikirkan dampak kesehatan bagi tubuh dari sejumlah fashion item yang kita beli untuk kita kenakan sehari-hari.

Tidak jarang kita harus menahan rasa tidak nyaman dan rasa sakit saat mengenakan fashion item yang sudah terlanjur kita beli lantaran modelnya yang kekinian, berasal dari brand yang mempunyai nama, dan dibandrol dengan harga mahal. Gaya nomor satu, masalah nyaman atau tidaknya urusan belakang.

Nah, sebelum Anda membeli sejumlah fashion item untuk dikenakan sehari-hari demi menunjang rasa percaya diri, Anda perlu tahu apa saja dampak kesehatan bagi tubuh dari item fashion yang akan Anda beli itu, dikutip dari situs Health Central, Sabtu (7/1/2016)

1. Skinny jeans

Skinny jeans yang dipadu dengan sneakers warna putih dapat menambah kekerenan seorang pria. Namun, tahukah Anda bahwa skinny jeans atau celana jeans ketat dapat mendatangkan segudang masalah untuk pria?

Sebuah penelitian pada 2012 menunjukkan, skinny jeans dapat melemahkan kandung kemih yang menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih pada pria serta masalah pada testis. Studi tersebut juga menyarankan agar para pria tidak terlalu sering mengenakan skinny jeans karena dapat menurunkan kualitas sperma dan menyebabkan infeksi jamur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

High Heels

2. High heels (sepatu hak tinggi)

Dr Christina Lasich, Physiatrist Terlatih dan salah seorang expert dari situs Health Central mengatakan, sepatu hak tinggi atau high heels dapat mendatangkan malapetaka dari ujung jari sampai kepala wanita.

Sepatu hak tinggi menyebabkan bunions, nyeri pada lutut dan punggung, dan arthritis di bagian kaki. Dan membiarkan kaki mengenakan sepatu yang tidak pas dapat menyebabkan kerusakan saraf.

3 dari 6 halaman

Sandal jepit

3. Sandal jepit

Wah, ternyata sandal jepit juga menimbulkan efek tidak baik untuk tubuh. Sandal jepit dianggap tidak memberi dukungan bagus untuk kaki agar bisa menyangga berat tubuh, meningkatkan risiko cedera pada kaki, pergelangan kaki, lutut, dan punggung bawahserta dapat membuat orang rentan terhadap plantar fasciitis.

Laporan dari Mount Sinai School of Medicine juga menyebut, sandal jepit dapat mengubah jalan seseorang, memaksa jemari kaki mencengkeram dan menyebabkan ketegangan pada saraf tertentu.

4 dari 6 halaman

Tas berat

4. Tas berat

Beberapa wanita senang sekali membawa tas berisi dompet, alat rias, dan perintilan lainnya. Tas berukuran kecil yang cukup berat dapat menyebabkan sakit pada leher.

Dokter pun menyarankan agar berat tas tidak lebih dari 10 persen dari berat badan Anda. Tali tas yang terlalu kecil dapat merusak kulit Anda. Selain itu, tas yang tidak dipakai dengan benar dapat menyebabkan nyeri saraf.

5 dari 6 halaman

Earphone

5. Earphone

Aksesori paling popular saat ini, dengan bantuan earphone atau headphone Anda bisa mendengar lagu dari alat pemutar musik. Namun NIH mengimbau agar lebih berhati-hati memilih volume ketika mendengar musik yang kita suka. Bisa-bisa dampaknya sama persis saat kita datang ke konser rock. Sebaiknya kecilkan volume ketika teman di sebelah Anda bisa ikut mendengar musik sayup dari earphone yang Anda kenakan.

6 dari 6 halaman

Celana dalam ketat

6. Celana dalam ketat (boxer)

Celana dalam ketat dapat menyebabkan peningkatan suhu di sekitar testis yang dapat menyebabkan infertilitas. Jamur yang tumbuh di sekitar area pangkal paha dapat muncul akibat gesekan di selangkangan yang terjadi selama berjam-jam. Belum lagi berkeringat dan basah membuat jamur merajalela.

Itulah daftar fashion item yang seringkali kita beli beserta dampak kesehatannya bila kita tidak selektif dalam mengenakannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.