Sukses

14 Pertanyaan yang Perlu Diajukan Ibu Sebelum Operasi Caesar (2)

Ibu hamil yang memiliki banyak informasi akan lebih santai bila memang akan menjalani operasi caesar nanti saat melahirkan.

Liputan6.com, New York- Sebagian besar ibu ingin melahirkan secara normal, tapi ada kondisi tertentu sehingga dokter menyarankan caesar (C-section). Sebagai ibu hamil, ada baiknya juga untuk mengenali seluk beluk operasi caesar.

Ibu hamil yang memiliki banyak informasi akan lebih santai bila memang akan menjalani operasi caesar nanti saat melahirkan. Nah, berikut pertanyaan ke delapan hingga 14 yang perlu ditanyakan kepada dokter seperti mengutip thestir cafemom, Jumat (6/1/2017).

8. Bolehkah aku makan sebelum operasi?

Sebagian dokter melarang Anda makan atau minum delapan jam pada operasi caesar yang direncanakan. Kehadiran makanan di saluran pencernaan bisa membuat mual atau muntah. Namun, bagi yang disarankan melakukan operasi caesar secara mendadak, bisa beri tahu dokter apa dan kapan terakhir Anda makan.

9. Dimana sayatan dilakukan?

Teman Anda mungkin memiliki bekas luka operasi vertikal, bukan berarti Anda disayat pada bagian tersebut. Operasi caesar memiliki tiga pilihan sayatan yakni horizontal bawah (low transverse incision) ini yang paling sering dilakukan, vertikal tengah perut (classical incision) kondisi ini biasanya pada kehamilan dengan komplikasi, dan vertikal perut bawah (low vertical incision) terjadi pada kehamilan pada posisi janin yang tidak biasa.


10. Pemulihan butuh waktu berapa lama?

Ibu yang melahirkan normal biasanya sudah bisa keluar dari rumah sakit dua-tiga hari kemudian. Sementara ibu yang melahirkan caesar butuh waktu lebih dari itu sekitar empat-lima hari.

Hal ini penting diketahui, berjaga-jaga jika ada kondis berencana melahirkan normal, tapi ada kondisi darurut sehingga harus caesar. Sehingga, Anda sudah memiliki bayangan akan melakukan apa.

Sesudah boleh pulang ke rumah, ibu yang melahirkan caesar akan melewati masa pemulihan. Dokter akan membatasi aktivitas selama dua minggu. Sehingga perlu dipikirkan siapa yang akan membantu Anda dalam melewati masa pemulihan. Jika tidak ada saudara dekat yang bisa membantu, bisa pikirkan untuk mencari jasa pembantu.

Biasanya, bisa kembali beraktivitas biasa sekitar 6-8 minggu sesudah melahirkan operasi caesar.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apakah nanti aku bisa langsung menggendong bayiku?

11. Bagaimana jahitannya nanti?

Dokter akan menjahit luka tersebut dengan baik. Mengenai kondisi kulit, hal ini tergantung kulit dan riwayat medis seseorang.

12. Sesudah bayi dikeluarkan dari perut, apakah aku langsung bisa menggendong bayiku?

Setiap rumah sakit memiliki kebijakan tersendiri. Sebelum tindakan operasi, ada baiknya untuk mengungkapkan keinginan agar bisa melakukan sentuhan kontak kulit ke kulit dengan bayi Anda.

13. Bagaimana caranya memberikan ASI pada bayiku?

Beritahu dokter bahwa Anda berkomitmen untuk memberikan ASI sejak bayi lahir. Cari tahu mengenai sistem pemberian ASI di rumah sakit tempat Anda melahirkan. Sehingga memudahkan Anda nantinya.

14. Bagaimana jika aku merasa depresi sesudah melahirkan di rumah sakit?

Beberapa wanita melaporkan pengalaman negatif melahirkan usai menajalani operasi caesar. Biasanya kasus ini terjadi pada tindakan yang mendadak. Coba cari tahu fasilitas rumah sakit dalam menangani kasus-kasus seperti ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini