Sukses

Waspadai 9 Gejala Menstruasi yang Tidak Normal Ini

Ketika Anda mengalami gejala menstruasi yang tidak normal, segera memeriksakan diri ke dokter.

Liputan6.com, Jakarta Wanita cenderung merasa cemas saat terlambat menstruasi. Ketika menstruasi Anda sering terlambat--selain kehamilan--hal ini biasanya terjadi karena ketidakseimbangan hormon. Jika hal ini berlangsung di luar kebiasaan, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Selain terlambat, beberapa gejala menstruasi yang tidak wajar juga sering membaut wanita khawatir. Melansir laman Bustle, Kamis (5/1/2017), Isadora Baum, ahli kesehatan memaparkan, cara mengetahui gejala menstruasi yang tidak normal.

1. Nyeri berlebihan

Kram atau nyeri perut sangat umum terjadi. Namun, nyeri yang berlebihan selama siklus menstruasi tidak dianggap normal.

2. Perdarahan hebat

Keluarnya aliran darah saat menstruasi memang bisa berbeda-beda, kadang sedikit kadang banyak. Namun pada menstruasi yang normal, hal ini tidak akan sampai mengharuskan Anda terus-terusan mengganti pembalut. 

Jika Anda sampai harus mengganti pembalut setiap jam selama lebih dari dua jam sehari, pastikan untuk memeriksakan diri ke dokter.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Pusing berkepanjangan

Jika Anda merasa pusing saat menstruasi, hal itu dianggap abnormal. Semestinya wanita tidak mengalami pusing terus-menerus selama mens.

4. Waktu menstruasi tidak tepat

Salah satu faktor yang menyebabkan menstruasi terlambat karena pengaruh tekanan aliran darah yang tidak seimbang. Jika Anda sering mengalami keterlambatan menstruasi, sebaiknya Anda pergi ke dokter.

3 dari 4 halaman

5. Depresi

5. Depresi

Suasana hati dapat berubah kala menstruasi. Anda bisa lebih mudah merasa bahagia dan sedih. Namun, jika rasa sedih itu kemudian berujung depresi, hal ini tidaklah normal.

Kadar progesteron yang meningkat akan merangsang kortisol (hormon stres) sehingga membuat Anda lebih emosional dari biasanya. Namun perubahan mood saat menstruasi normalnya tidak akan sampai depresi. Jika depresi berlebihan berarti ada sesuatu yang tidak normal.

6. Waktu menstruasi yang lama

Menstruasi yang berlangsung lebih dari seminggu termasuk tidak normal. Setiap bulannya, periode menstruasi Anda seharusnya sama. Jika tiba-tiba lama menstruasi Anda berubah, sebaiknya temui dokter untuk memeriksakan diri.

7. Waktu menstruasi tidak teratur

Menstruasi yang berlangsung acak atau tidak teratur, seperti terlalu dini atau terlalu terlambat merupakan gejala ketidakteraturan. Jika hal ini terjadi pada Anda, temui dokter untuk mengatasinya. 

4 dari 4 halaman

8. Kista

Polycystic Ovarium Syndrome (PCOS) bisa ditandai denganmunculnya kista pada ovarium. Pertumbuhan kista dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Bahkan berisiko infertilitas bila tidak ditangani segera.

Jika Anda melihat gejala-gejala yang tidak normal, seperti pertumbuhan rambut pada wajah, rambut rontok, depresi, atau berat badan naik, segera memeriksakan diri ke dokter.

9. Mual dan muntah

Mual dan muntah selama siklus menstruasi termasuk abnormal. Jika kondisi ini terjadi, ada sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter.

Para ahli menganggap, mual dan muntah saat menstuasi akibat stres. Stres dapat memengaruhi hormon dan suasana hati Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini