Sukses

Ketahui Kepribadian dan Emosi dari Pilihan Font

Font yang Anda gunakan ternyata juga bisa mengungkap kepribadian.

Liputan6.com, Jakarta Tulisan tangan bisa mengungkap kepribadian seseorang. Tapi, font yang Anda gunakan ternyata juga bisa melakukan hal yang sama. Sebuah survei menemukan, font bisa mengungkapkan kepribadian dan menunjukkan emosi seseorang.

Survei ini dilakukan para peneliti di Software Usability Research Laboratory, Wichita State University.

Survei yang dilakukan pada tahun 2006, ingin menentukan apakah font bisa menunjukkan emosi dan kepribadian seseorang. Peneliti mewawancarai lebih dari 500 individu mengenai persepsi tentang berbagai font di tipografi yang berbeda. Font ini disajikan untuk kegunaan yang berbeda, seperti di buku, email, berita, dan headline.

Setelah itu, para peneliti meminta masing-masing individu mengaitkan setiap font dengan kepribadian atau emosi tertentu. Hasilnya, ada lima kategori pembagian kepribadian dari font seperti dilansir UniversityHerald, Kamis (5/1/2017).

Pertama, jenis huruf Sans Serif yang meliputi Arial, Calibri, Verdana, dan Century Gothic menunjukkan tipe kepribadian all purpose. Kedua, jenis huruf Serif, seperti Times New Romans, menunjukkan kepribadian yang lebih tradisional.

Ketiga, jenis huruf Script menunjukkan kepribadian kreatif dan lucu. Keempat jenis huruf modern seperti Impact dan Rockwell XBold sangat tegas, dan kelima jenis huruf monospace seperti Consolas cenderung polos, membosankan, dan imajinatif.

Selain dari survei ini, studi lain yang dilakukan pada 2014 berfokus pada kelancaran kognitif, teori yang menghubungkan bagaimana otak memproses informasi. Hasilnya, peneliti menemukan semakin sulit membaca font semakin banyak orang berpikir betapa sulitnya tugas membaca.

Temuan ini bisa digunakan ketika menyusun sebuah email atau menulis blog. Apabila Anda ingin orang membaca apa yang Anda tulis, pastikan menggunakan font yang mudah dibaca. Selanjutnya, gunakan strategi bila memakai font dalam proyek-proyek yang berbeda. Terakhir, Anda bisa menggunakan font untuk menarik pembaca atau menyampaikan emosi tertentu.

Apabila Anda ingin orang tinggal lebih lama dan membaca tulisan, menggunakan font yang dapat diakses dan universal. Di sisi lain, jika ingin menyampaikan hal yang menyenangkan dan main-main di situs anak-anak, jenis huruf Script yang paling ideal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.