Sukses

Bocah Transplantasi Hati Masih Kritis

Meski sudah memasuki hari kesembilan pascaoperasi transplantasi atau cangkok hati, Ramdan belum keluar dari masa kritis.

Liputan6.com, Surabaya: Ramdan bocah berusia tiga setengah tahun yang menjalani operasi transplantasi hati, hingga Senin (3/5), masih berada di ruang perawatan intensif (ICU) Rumah Sakit dokter Sutomo, Surabaya, Jawa Timur. Grafik kesehatannya masih belum stabil. Bahkan, hasil diagnosis tim dokter menunjukkan, Ramdan mengalami rejeksi akut atau penolakan tubuh terhadap organ hati yang dicangkokkan.

Meski saat ini kondisi Ramdan relatif stabil, tim dokter terus mewaspadai adanya perubahan pasien yang tiba-tiba drop seperti yang terjadi kemarin.

Diperkirakan, masa kritis Ramdan sampai dua pekan. Bocah pasangan Bambang dan Sulistyowati ini menjalani operasi transplantasi hati yang diambil dari hati ibu kandungnya. Operasi ini melibatkan sembilan tim dokter Rumah Sakit dokter Sutomo dan tiga dokter asal Cina [baca: Ramdan Mengalami Pendarahan Otak].(IDS/ANS)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.