Sukses

Metformin, Pencegah Kanker

Metformin yang terdapat pada obat generik penderita diabetes tipe dua ternyata memiliki efek antikanker. Temuan ini didasarkan dari hasil penelitian para peneliti di Harvard University.

Liputan6.com, Harvard: Para penderita diabetes tipe dua berbahagialah. Sebab, karena menurut sebuah penelitian terbaru, obat generik yang sering digunakan penderita diabetes tipe dua, yaitu Metformin, ternyata memiliki efek antikanker.

Dalam penelitian ini, peneliti di Harvard University menemukan bahwa wanita yang telah mengonsumsi metformin, selama lebih dari lima tahun, memiliki kemungkinan 56 persen lebih rendah untuk menderita kanker payudara dibandingkan wanita yang tidak memiliki riwayat penggunaan metformin. Temuan ini didasarkan pada catatan medis wanita Inggris berusia antara 30 tahun hingga 79 tahun yang sedang dirawat karena menderita diabetes tipe dua.

Para peneliti mengidentifikasi 305 perempuan yang telah didiagnosis menderita kanker payudara, dan setiap dari mereka dicocokkan dengan tiga atau empat wanita bebas kanker pada usia yang sama. Lalu, dilihat sejarah pengobatan diabetes para penderita untuk mencari kaitan ke risiko kanker payudara.

Diabetes tipe dua muncul ketika tubuh tidak dapat lagi menggunakan insulin dengan baik. Sementara metformin membantu menurunkan kadar insulin. Penurunan insulin membantu menjelaskan kaitan obat dengan risiko kanker payudara yang lebih rendah.

Studi semacam itu menunjukkan hubungan antara penggunaan metformin dan risiko kanker payudara, tapi tidak dapat membuktikan sebab-akibat.(Xinhua/YUS)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.