Sukses

Tinggal di Kota Besar Bikin Anda Jadi Cepat Tua

Walau menyenangkan dengan segala hingar bingar dan semaraknya, kota besar bisa membuat kulit Anda jadi cepat tua.

Liputan6.com, Jakarta Tinggal di kota besar mungkin adalah impian banyak orang. Berada dekat dengan tempat kerja, pusat perbelanjaan, dan semarak hiruk-pikuk pusat kota sering dihubungkan dengan kesuksesan. Namun, tahukah Anda bahwa berada di kota besar bikin kulit jadi cepat tua?

Kota besar, dengan segala pesonanya, sayangnya tak bisa lepas dari polusi--apalagi Jakarta. Lama tinggal di kota, jangan heran jika kemudian kulit Anda jadi lebih tidak bersinar dan cepat tua.

Ternyata, polusi udara adalah biang kerok dibalik rona wajah Anda yang kini meredup. "Nitrogen dioksida, jelaga, dan karbon dioksida sangat banyak ditemukan di kota besar. Partikel-partikel kecil ini sangat mudah untuk menyusup masuk ke kulit, meresap ke lapisan yang lebih dalam, dan membuat kulit jadi lebih tua dengan cara yang sama seperti efek sinar UV dari matahari," ahli kecantikan dari Trilogy skincare, Corinne Morley menjelaskan. Seperti dikutip dari InStyle, Rabu (04/01/2017).

Dan bahkan, walaupun Anda sudah bersembunyi di dalam ruangan, Anda tetap tak benar-benar aman. Ini karena polusi juga bisa terperangkap, dan bahkan ditemukan dalam konsentrasi yang lebih tinggi di dalam ruangan dibanding di luar.

Partikel-partikel tadi akan menjadikan kulit Anda kekurangan oksigen, yang lantas membuat radikal bebas mulai terbentuk. Inilah yang kemudian membuat munculnya garis halus, kerutan, inflamasi, dan sensitivitas.

Morley menyarankan untuk selalu melindungi kulit Anda dengan produk-produk yang kaya akan antioksidan. Antioksidan bisa mengusir partikel polusi, dan mencegah terbentuknya radikal bebas.

Gunakan selalu produk yang kaya akan antioksidan setiap kali Anda akan keluar rumah di pagi hari. Dan pada malam hari, pastikan Anda membersihkan semua sisa makeup yang menempel di kulit dengan pembersih makeup berbahan dasar minyak. Ikuti ritual tadi dengan busa pembasuh wajah.

Kedua hal tadi memastikan, polutan dan makeup benar-benar hilang dari kulit. Kulit wajah akan kembali bisa cerah bersinar dan tak cepat tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini