Sukses

Kisah 5 Pemilik Tumor Paling Mengerikan dari Seluruh Dunia

Liputan6.com, Jakarta Tumor mengerikan tumbuh di tubuh orang-orang ini. Keterbatasan biaya yang mereka punya membuat tumor yang semula berukuran kecil berubah menjadi sangat besar dan jadi menyeramkan karena tak mendapat pengobatan. Beberapa di antara mereka sudah ada yang menjalankan operasi pengangkatan tumor, tapi ada juga yang sedang menunggu uluran tangan dari orang banyak.

Berikut beberapa kasus tumor paling mengerikan yang terjadi dari seluruh dunia dikutip dari berbagai sumber pada Rabu (4/1/2017).

1. Stoja Popvic, tumor seberat 30 kilogram tumbuh di perut

Kisah penderitaan yang terjadi pada Stoja menjadi headline di situs berita di London. Stoja yang memiliki tumor seberat 30 kilogram yang tumbuh di perut akhirnya menjalani operasi pengangkatan tumor pada September 2016.

Stoja tak menyangka kalau sesuatu yang selama ini dia anggap lemak adalah tumor yang hampir saja merenggut nyawanya. Stoja bukan tak mau memeriksakan dirinya ke dokter. Hanya saja dia tak merasa sakit apa-apa sehingga mengira mengalami kenaikkan berat badan biasa.

Namun, saat sedang bekerja di lapangan, Stoja jatuh dan mengalami cedera. Dia membutuhkan pengobatan untuk kakinya. Kru ambulans yang tadinya didatangkan untuk mengobati kakinya, justru lebih khawatir dengan kondisi perutnya yang besar, yang ternyata tumor.

1 dari 5 halaman

Jose Antonio Ramirez

2. Jose Antonio Ramirez, tumor seukuran bola tumbuh di leher

Bocah berumur 11 tahun yang menderita tumor seukuran bola, Jose Antonio Ramirez, akhirnya menjalani operasi pengangkatan tumor di Rumah Sakit yang ada di Mexico. 25 orang tim medis yang terdiri dari banyak bagian sengaja diturunkan untuk membantu proses operasi pengangkatan tumor yang berjalan selama 12 jam.

Operasi yang dilakukan pada September 2014 berjalan lancar. Pihak gereja yang membiayai operasi Jose mengatakan waktu pemulihan yang harus ditempuh Jose terbilang lama, bisa bertahun-tahun.

Meski tumor sudah tak ada, Jose tetap membutuhkan perawatan lanjutan karena dokter akan merekontruksi bahunya dan menghilangkan kelebihan kulit.

2 dari 5 halaman

Huan Chuncai

3. Huang Chuncai, tumor seberat 20 kilogram tumbuh di wajah

Huang Chuncai, pasien dengan tumor seberat 20 kilogram yang tumbuh di bagian wajah, menjalani operasi pada 2008. Huang yang dijuluki China’s Elephant Man menjalani beberapa kali operasi pengangkatan tumor akibat ukuran tumor yang terlalu besar.

Ternyata, seperti dikutip dari Medical Daily, Huang Chuncai menderita Neurofibromatosis, kelainan genetik langka yang menyebabkan pertumbuhan abnormal pada jaringan syaraf sejak ia berumur 11 tahun.

3 dari 5 halaman

Huang Liqian

4. Huang Liqian, tumor seberat 15 kilogram di leher

Satu tahun sebelum Huang Chuncai menjalani operasi pengangkatan tumor, Huang Liqian sudah lebih dulu melakukan hal serupa. Pada 2007, Huang Liqian menjalani pengangkatan tumor seberat 15 kilogram yang tumbuh di leher di First Affiliated Hospital of Chongging University of Medical Service, China Barat Daya. Dikutip dari situs Metro.co.uk , tumor itu sudah diidap Huang sejak ia berumur 11 tahun.

4 dari 5 halaman

Gao An-Ni

5. Gao An-Ni, tumor tumbuh di bibir bagian bawah

Gao An-ni sudah menderita tumor di bibir bawah sejak lahir. Pada 2007, anak perempuan yang sekarang berumur 12 tahun, sempat dibawa oleh sang ayah ke Gannan Medical College untuk melakukan pemeriksaan. Kala itu, dokter mengatakan bahwa biaya untuk mengoperasi Gao An-ni sangat mahal. Sang ayah yang tidak memiliki pekerjaan tetap, akhirnya membawanya kembali ke kampung halaman di Jiangxi, China.

Artikel Selanjutnya
Anggap Sepele Sembelit, Gadis Dikejutkan dengan Pernyataan Dokter
Artikel Selanjutnya
Idap Tumor Ganas, Dokter Tak Mau Operasi Mata Bocah Ini