Sukses

3 Tanda Anda Selingkuh Emosional

Memiliki emosi yang mendalam dengan seseorang selain pasangan Anda juga bisa disebut selingkuh

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua perselingkuhan melibatkan fisik, seperti misalnya berbohong karena ingin pergi bersama wanita atau pria idaman lain ataupun hingga berhubungan seks. Karena, memiliki emosi yang mendalam dengan seseorang selain pasangan Anda juga bisa disebut selingkuh, biasanya dikenal sebagai perselingkuhan emosional.

Walaupun sepertinya perselingkuhan emosional tidak membahayakan hubungan, tetapi sebenarnya perselingkuhan jenis ini sama bahayanya dengan perselingkuhan fisik. Lalu apa saja tanda-tandanya?

Berikut ini adalah tiga tanda bahwa Anda adalah seorang melakukan selingkuh emosional, seperti yang dilansir dari Womenshealthmag, Selasa (3/1/2017):

1. Mencari suatu kenyamanan di luar hubungan Anda dengan pasangan

“Jika Anda sedang mengalami masa sulit dengan pasangan, masih hal normal jika Anda menceritakan keluh kesah pada teman Anda (teman wanita atau pria). Namun jika ternyata Anda mulai beralih pada mereka sedikit demi sedikit karena ingin mendapatkan sesuatu yang tidak Anda dapatkan dari hubungan Anda bersama pasangan, misalnya seperti kepercayaan, kedekatan, atau keintiman, ini bahaya,” ujar pakar hubungan, Mira Kirshenbaum.

2. Anda menyembunyikannya dari pasangan Anda

Anda mungkin berpikir bahwa Anda sudah jauh dari perselingkuhan jika terbuka pada pasangan mengenai persahabatan Anda. Namun hati-hati jika Anda menyadari bahwa Anda menyembunyikan beberapa percakapan atau perasaan dengan mereka dari pasangan Anda.

“Jika ada sesuatu yang terjadi dengan seseorang dan Anda merasa tidak nyaman berbagi hal tersebut dengan pasangan Anda, maka berarti Anda sudah mulai memasuki perselingkuhan emosional,” ujar Kirshenbaum.

3. Anda khawatir bahwa yang Anda lakukan adalah perselingkuhan

“Ketika sulit mendefinisikan apa saja yang sudah termasuk perselingkuhan, maka yang terbaik adalah percaya pada hati kecil Anda. Jika sepertinya Anda merasa sudah dekat dengan perselingkuhan emosional, mungkin sebenarnya Anda sudah berada di dalamnya,” ujarnya.

Jadi intinya menurut Kirshenbaum, carilah tanda-tanda yang jelas. “Jika Anda memiliki perasaan romantis pada orang lain selain pasangan Anda, segera bicarakan hal ini dengan pasangan. Atau bisa juga membicarakannya dengan seorang terapis hubungan (jika Anda memilikinya), sebelum hal tersebut berlanjut semakin jauh,” pungkas Kirshenbaum.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini