Sukses

Ingin Menikah? Lakukan 11 Hal Ini Dulu Bersama Pasangan

Pastikan Anda benar-benar mengenal karakter calon pasangan sebelum memutuskan hidup bersama dalam pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Pernikahan merupakan langkah besar dalam hidup seseorang. Menikah berarti menghabiskan sisa hidup bersama pasangan dalam segala kondisi. Jadi pastikan Anda benar-benar mengenal karakter calon pasangan sebelum memutuskan hidup bersama dalam pernikahan.

Ada beberapa cara untuk mengetahui apakah Anda dan kekasih benar-benar siap melangkah ke jenjang berikutnya. Simak 11 hal yang perlu dilakukan bersama pasangan sebelum memutuskan untuk menikah, dikutip dari laman Metro.co.uk, Selasa (3/1/2017).

1. Bertemu orangtua

Menikah artinya Anda tak hanya menerima pasangan melainkan juga keluarga besarnya juga. Anggota keluarga pasangan Anda juga akan berperan dalam hidup Anda setelah menikah. Jadi bertemu dan mengenal orangtua kekasih penting dilakukan sebelum melanjutkan hubungan ke pernikahan. 

2. Berargumen

Berselisih pendapat tidak selalu negatif. Bahkan ini penting untuk mengetahui apakah Anda dan kekasih bisa mengatasi perbedaan pendapat dan emosi yang muncul. Terkadang keributan atau argumentasi akan membuat hubungan lebih kuat.

3. Mengenal teman pasangan

Saat Anda dan pasangan berbeda pendapat, biasanya dia akan mencurahkan isi hati dan berdiskusi dengan teman-temannya. Oleh karena itu penting bagi Anda juga mengenal teman dan sahabat pasangan.

4. Mengalami stres finansial

Ini bukan berarti Anda perlu menjerumuskan diri ke dalam masalah keuangan. Tapi perlu untuk mencermati bagaimana Anda berdua bereaksi ketika mengalami masa sulit, terutama terkait keuangan.

Masalah keuangan adalah salah satu pemicu utama berakhirnya pernikahan. Jadi Anda perlu berlatih menghadapi dan mengatasi masalah tersebut.  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tunjukkan kebiasaan buruk

5. Tunjukkan kebiasaan buruk

Tak perlu berpura-pura menjadi orang lain. Pastikan calon pasangan mencintai Anda apa adanya. Jika mereka tak mampu menerima kekurangan Anda, mungkin saatnya untuk berpikir ulang rencana menikah dengannya.

6. Benar-benar meminta maaf

Anda perlu mengetahui cara meminta maaf yang benar. Pastikan Anda bisa membuktikan pada pasangan bahwa Anda cukup berbesar hati meminta maaf ketika melakukan kesalahan. Respek yang Anda dapat akan luar biasa. Selain itu, waktu yang terbuang lantaran gengsi meminta maaf hanya akan membuat hubungan sulit bertahan.

7. Bertahan pada prinsip

Dalam hubungan, Anda dan pasangan tentu harus saling kompromi. Tapi sesekali mempertahankan pendapat pun penting. Ini juga menyangkut respek dan seberapa besar perbedaan pendapat antara Anda dan pasangan.

8. Memahami tujuan hidup pasangan

Anda boleh saja bertanya pada pasangan mengenai tujuan hidupnya. Memasuki jenjang pernikahan artinya Anda dan pasangan tahu apa yang diinginkan dalam hidup, baik secara pribadi maupun sebagai pasangan. Meski perlu sedikit pengorbanan dari masing-masing dalam pernikahan, tapi bukan berarti harus melepaskan impian.

9. Diskusikan nama anak

Sepertinya sepele, tapi mendiskusikan nama calon anak bersama pasangan bisa menunjukkan seberapa besar perbedaan Anda dan pasangan.

10. Belanja makanan bersama

Perbedaan pilihan makanan juga jadi ukuran tersendiri untuk menilai kecocokan Anda dengan pasangan. Bila Anda berdua bisa mengatasi hal ini maka hubungan pernikahan pun akan baik-baik saja.

11. Berlibur bersama

Merencanakan liburan bersama pasangan terkadang sama rumitnya dengan merencanakan resepsi pernikahan. Hal itu bisa berujung mimpi buruk jika ada kesalahan dalam perencanaan.

Berlibur bersama bisa jadi momen romantis atau malah membuat stres. Pastikan Anda berdua ada pada spektrum yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini