Sukses

Hati-Hati, 3 Rahasia Keuangan Ini Bisa Hancurkan Pernikahan

Sebagian besar orang tidak suka membicarakan soal keuangannya, meski dengan pasangan. Namun, hal ini bisa merusak pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang tidak suka membicarakan soal keuangannya, meski dengan pasangannya sendiri. Namun, hal ini bisa merusak pernikahan.

"Tanya siapa saja dan mereka akan memberitahu bahwa kejujuran dan kepercayaan adalah pondasi dari kesuksesan hubungan," ujar pakar finansial dan founder LexION Capital, Elle Kaplan, seperti yang dilansir dari Glamour, Selasa (3/1/2016).

Hal ini mungkin terdengar seperti romantisme semata. Namun, kepercayaan dalam hubungan juga berkaitan dengan kondisi keuangan.

"Semua hal mulai dari ingin memiliki anak hingga keinginan bisa menikmati pensiun bersama, tidak lepas dari transparansi keuangan," kata Kaplan.

Berikut ini tiga hal terkait keuangan yang tidak seharusnya Anda rahasiakan dari pasangan dan pernikahan menurut para pakar:

1. Punya Utang

Menyembunyikan fakta bahwa Anda memiliki utang kartu kredit atau pinjaman tanpa agunan bisa menyakiti pasangan. Terlebih, pinjaman ini memiliki suku bunga relatif tinggi.

"Ini dapat menjadi bola salju dan menjadi bencana dalam keuangan Anda jika tidak cepat diselesaikan," ucap Kaplan.

Menurut dia, dengan mendiskusikannya ke pasangan, minimal dapat menemukan cara untuk menutup utang tersebut.

2. Keuangan Keluarga

Ketika menikah, tentu Anda akan memiliki tujuan baru bersama. Tujuan baru ini mustahil tercapai jika tidak ada keterbukaan soal finansial.

Keterbukaan tentang pengalaman dengan uang selama Anda tumbuh, bagaimana kondisi keuangan keluarga, akan sangat penting untuk memahami satu sama lain untuk mencapai tujuan bersama.

3. Catatan Keuangan di Bank

Janganlah menyembunyikan tunggakan utang dan track record perbankan Anda dari pasangan. Sebab, hal ini akan menjadi beban pada rumah tangga dan menghalangi tercapainya tujuan bersama. (Ikka)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini