Sukses

Hati-Hati, 5 Emosi Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Organ Tubuh

Sebuah studi di Finlandia yang melibatkan 700 partisipan menunjukkan emosi bisa memengaruhi kondisi anggota tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Pikiran dan tubuh memiliki keterkaitan erat. Sebuah studi di Finlandia yang melibatkan 700 partisipan menunjukkan, emosi bisa memengaruhi kondisi anggota tubuh. 

Berikut dampak dari masing-masing emosi seperti gembira, marah, sedih, takut, dan lamunan terhadap organ tubuh, dilansir laman Times of India, Senin (2/1/2017): 

1. Gembira 

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, jantung dikaitkan dengan perasaan gembira atau senang. Perasaan senang yang berlebihan bisa menyebabkan insomnia, bergejolak, dan jantung berdebar. 

2. Marah 

Emosi marah yang terkait dengan lelucon yang menyinggung hati bisa menyebabkan kesal dan sakit hati. Emosi tersebut dipercaya tersimpan di lever dan kandung kemih. Kemarahan juga bisa menyebabkan sakit kepala dan hipertensi yang kemudian bisa berdampak pada perut dan limpa. 

3. Sedih atau cemas 

Berdasarkan ilmu pengobatan tradisional Tiongkok, kesedihan memengaruhi paru-paru, begitu juga dengan kecemasan yang berdampak pada paru serta usus. Kedua emosi ini bisa menyebabkan kelelahan, napas pendek, serta radang usus. 

4. Takut 

Jika kita merasa sangat ketakutan untuk jangka waktu lama, hal ini bisa berbahaya bagi ginjal. Ini menjelaskan kenapa kita cenderung ingin berkemih ketika ketakutan. 

5. Melamun 

Melamun kerap dikaitkan dengan beban pikiran yang berat, sehingga bisa menghabiskan energi. Emosi melankolis ini berdampak pada limpa dan bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini