Sukses

7 Makanan Pembawa Keberuntungan di Hari Tahun Baru

Masyarakat Spanyol dan Portugis meyakini mengonsumsi anggur di hari pertama menjadi awal yang baik di tahun yang baru.

Liputan6.com, New Delhi- Ada beragam tradisi menyambut tahun baru. Salah satunya dengan mengonsumsi makanan tertentu yang dipercaya membawa keberuntungan.

Masyarakat Spanyol dan Portugis meyakini mengonsumsi anggur di hari pertama menjadi awal yang baik di tahun yang baru. Bahkan, ada patokan dalam mengonsumsi buah ini yakni di tengah malam sebanyak 12 anggur. Mereka meyakini manisnya anggur yang dimakan akan semanis kehidupan setahun ke depan.

Lalu, apa tradisi makanan pembawa keburuntungan di negara-negara lain? Berikut selengkapnya mengutip Times of India, Minggu (1/1/2017).

1. Buah delima

Masyarakat Yunani menyakini meletakkan buah delima yang sudah hancur di lantai pintu rumah paling depan di hari tahun baru. Biji buah delima dianggap sebagai simbol keberuntungan bagi mereka. Semakin banyak biji buah delima yang disebar di lantai semakin beruntung.

Jika ikut meyakini kebiasaan ini, jangan lupa sambil makan buah delimanya ya. Buah yang satu ini mengandung serat, protein, vitamin C, vitamin K, folat, kalium dan gula alami. Delima juga memiliki dua antioksidan yang berguna untuk mencegah penyakit jantung, kanker, infeksi bakteri dan alzheimer.

2. Ikan

Sisik ikan melambangkan kemakmuran dan maju ke depan. Seperti kita ketahui ikan selalu berenang ke depan, sehingga diharapakan hal yang sama pada kehidupan kita. Berbeda dengan lobster atau kepiting yang berjalan mundur atau kesamping.

3. Sayuran hijau

Tidak jelas dari mana tradisi makan sayuran hijau. Namun orang-orang yang meyakini semakin banyak sayuran hijau yang dikonsumsi ada banyak keberuntungan dalam hidup. Bayam dan kale kerap dianggap sebagai simbol uang kertas.

4. Mi

Bagi orang Jepang, mengonsumsi mi panjagn terkait dengan usia yang panjang. Smaa seperti dengan tradisi orang China. Mereka sering mengonsumsi mi di tahun baru sebagai simbol hari baru dan panjang umur.

5. Cake jagung

Cake jagung memiliki warna kuning keemasan diyakini sebagai simbol keberuntungan dan kemakmuran oleh masyarakat di selatan Amerika Serikat.

6. Cake cokelat isi koin

Tahun baru identik dengan makan-makan. Hal yang sama juga terjadi di Yunani. Salah satu makanan yang harus hadir adalah cake yang di dalamnya terdapat koin. Saat memotong kue lalu di dalamnya terdapat koin berarti orang tersebut akan mendapatkan keberuntungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.