Sukses

Tahun Baru 2017, Tak Berarti Harus Mulai Hubungan Cinta Baru

Liputan6.com, Jakarta Awal tahun, seperti Tahun Baru 2017 ini, biasanya kita memang menargetkan memulai beberapa hal baru. Salah satunya mungkin adalah memulai hubungan cinta baru. Apalagi jika Anda menghabiskan akhir tahun 2016 kemarin dalam keadaan jomblo, atau baru putus dari pacar.

Sayangnya, kembali menjomblo atau lajang, tak serta merta menjamin Anda siap memulai hubungan baru. Terkadang, sisa perasaan dari hubungan terakhir kemarin masih tertinggal--yang bisa mempengaruhi objektivitas Anda saat akan menjalin cinta baru.

Agar kisah cinta Anda di tahun baru 2017 ini lebih baik dibanding tahun 2016 kemarin, pastikan Anda memahami kondisi mental saat ini. Apa benar Anda sudah siap berkencan kembali?

Untuk mengetahuinya, seperti dilansir dari Your Tango, berikut 3 tanda Anda belum siap memulai hubungan cinta baru:

1 dari 4 halaman

1. Anda memiliki mentalitas korban

Hal ini akan membuat Anda merasa tak berdaya untuk bisa maju dan melanjutkan hidupa karena Anda terjebak dalam rasa sakit yang Anda rasakan. Bahkan hal ini seolah membuat Anda kecanduan.

Anda merasa kepercayaan diri dan harga diri Anda dirampas. Anda hanya berfokus pada bagaimana Anda tersakiti dan menyalahkan mantan Anda sepenuhnya terhadap berakhirnya hubungan Anda.

Anda tidak akan bisa menemukan cinta yang baru sampai Anda melepaskan peranan Anda sebagai korban, dan meraih kembali kekuatan pribadi Anda. Anda bisa memulai hal ini dengan mencoba memaafkandiri Anda (dan mantan) melalui proses penerimaan, bahwa Anda dan mantan sama-sama sudah mencoba sebaik mungkin.

Ambil waktu untuk kembali terhubung dengan diri Anda dan apa yang paling penting bagi Anda. Hal ini akan membuat Anda menarik hubungan yang pantas Anda dapatkan tanpa perlu mengorbankan jati diri Anda.

2 dari 4 halaman

2. Anda tak tahu apa yang Anda mau

Sebelum Anda mulai berkencan kembali, sangatlah penting untuk mengenali apa yang Anda inginkan dari hubungan Anda selanjutnya. Tempat terbaik untuk memulainya adalah dengan melihat kembali keluhan-keluhan dari hubungan Anda sebelumnya.

Buatlah daftar apa yang tidak Anda inginkan dari suatu hubungan. Hal ini akan menyembuhkan Anda karena bisa meluapkannya, dan lalu gunakan daftar ini untuk menentukan apa yang Anda inginkan.

Sangatlah penting untuk mengetahui hal positif yang ANda inginkan untuk hubungan selanjutnya. Jika Anda tidak mengetahuinya, Anda akan kembali terjebak dengan pola hubungan yang sama dengan sebelumnya.

3 dari 4 halaman

3. Anda merasa putus asa

Tentu saja tak ada seorang pun yang mau mengakui bahwa ia merasa putus asa, tapi biasanya Anda akan mengalami kesulitan menyingkirkan rasa gelisah dan tidak sabar untuk bisa jatuh cinta lagi. Terlalu menginginkan cinta malah akan membuatnya menjauh.

Rasa putus asa tadi akan menyabotase hubungan baru Anda. Meyakini bahwa Anda membutuhkan orang lain untuk merasa lengkap malah akan membawa Anda pada drama dan konflik.

Jadi tunggulah sebentar. Izinkan diri Anda untuk sembuh. Dan lalu, mulailah mencoba menjalin hubungan baru yang datangnya dari ketenangan dan kedamaian dalam diri Anda.

Pahami bahwa, iya, jatuh cinta itu indah, tapi Anda tak akan mati tanpanya.

http://www.yourtango.com/experts/teena-evert/3-brutal-signs-you-are-absolutely-not-ready-to-start-dating-again