Sukses

4 Manfaat Matcha, yang Lebih Sehat dari Teh Hijau Biasa

Ada lebih banyak manfaat yang terkandung di dalam bubuk matcha dibanding minuman teh hijau biasa.

Liputan6.com, Jakarta Matcha yang merupakan bentuk bubuk dari daun teh hijau yang dikukus dan dikeringkan yang telah digunkana dalam upacara minum teh di Jepang selama berabad-abad, ternyata memiliki beberapa manfaat untuk tubuh Anda.

“Mereka (matcha) seperti espresso sehat yang berasal dari teh hijau,” ujar pemilik salah satu pemasok matcha merk Panatea, David Mandelbaum and Jessica Lloyd.

Bahkan sebuah studi juga menemukan, satu porsi matcha memiliki 137 kali lebih banyak polifenol (zat kimia yag mampu melawan penyakit), yang disebut dengan epigallocatechin gallate (EGCG), dibanding 10 cangkir teh hijau biasa.

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini adalah empat manfaat matcha bagi tubuh Anda seperti yang dilansir dari Popsugar, Sabtu (31/12/2016):

1. Konsentrat penurun berat badan

EGCG telah ditunjukkan dalam beberapa penelitian laboratorium dapat meningkatkan metabolisme dan dapat membantu menghentikan pertumbuhan sel-sel lemak yang baru, sehingga sangat cocok jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tetapi, tak cukup hanya dengan minum matcha, sertai juga dengan melakukan olahraga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Melawan penyakit

Tingkat konsentrat antioksidan yang tinggi di dalam matcha, sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, katekin dalam teh hijau juga telah terbukti dapat membantu mencegah kanker dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

3. Detoks harian

Matcha ternyata dapat membantu fungsi tubuh Anda berada dalam kondisi yang prima. Dalam studi laboratorium pada tikus dengan diabetes tipe 2, para peneliti menemukan bahwa dosis harian matcha ternyata dapat memberikan efek perlindungan pada sistem hati dan ginjal.

Bahkan penelitian lain telah menemukan juga bahwa peminum teh hijau, 33 persen memiliki risiko yang lebih rendah terkena diabetes tipe 2, karena teh hijau membantu menurunkan kadar glukosa darah. Sehingga, semakin banyak teh hijau yang diminum oleh seseorang, maka semakin rendah pula risikonya untuk mengembangkan penyakit tersebut.

3 dari 3 halaman

4. Pemberi energi tambahan

Satu porsi matcha mengandung kafein yang lebih sedikit daripada espresso, tetapi nutrisi yang berada di dalamnya akan memberikan Anda lebih banyak energi. Daun teh yang digunakan untuk membuat matcha terlindung dari sinar matahari sebelum dipanen dan dikukus, sehingga daun-daun teh tersebut tetap bisa mempertahankan banyak klorofil alaminya (suatu zat yang telah terbukti membantu meningkatkan energi).

Namun ketika ingin membeli matcha, pastikan dan periksa dahulu setiap produknya agar Anda tahu bahwa Anda telah membeli teh hijau berkualitas tinggi dengan manfaaat keehatan yang paling baik. Selain itu, periksa juga labelnya dan hati-hati dengan bahan-bahan aditif dan gula, yang biasanya dikandung oleh beberapa produk matcha.

Lalu saat membuatnya, David dan Jessica menyarankan untuk memanaskan air sampai mendidih (180°F), dan mengaduknya dengan gerakan “M” atau “W” agar hasil matcha lebih sempurna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini